FOTO: Terinspirasi Lukisan, Biyan Hadirkan 'Kejutan'

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Rabu, 23/05/2018 22:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer Biyan mengeluarkan koleksi terbarunya untuk Spring/Summer 2019 yang terinspirasi dari lukisan yang kaya akan palet warna.

Desainer Biyan mengeluarkan koleksi busana terbarunya untuk Spring/Summer 2019 yang terinspirasi dari lukisan pelukis Rusia Kuzmich Makarov. Ia menyuguhkan 125 potongan busana, di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (22/5).(CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam koleksinya kali ini, Biyan mengajak penikmat fashion untuk tenggelam dalam buaian romantisme, dengan aneka palet warna, kekayaan detail seperti sulaman dan patch work, serta gaya anggun yang memesona. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Tak memberi tema tertentu untuk koleksi ini, Biyan seolah ingin 'membebaskan' publik untuk mengeksplorasi koleksinya, atau 'tersesat' dalam catatan perjalanan yang ingin ia suguhkan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jelang peragaan, Biyan mengungkapkan dirinya menyukai palet warna Ivan Makarov yang menurutnya sangat feminin, cantik, lembut, dan merefleksikan segala sesuatu soal wanita. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Makarov, pelukis potret abad 19 dikenal piawai menuangkan kecantikan wanita di atas kanvas. Lukisan-lukisannya mampu menggambarkan kelembutan wanita lewat palet warna yang khas. Warna-warni inilah yang kemudian diterjemahkan Biyan ke dalam 125 potongan busana rancangannya. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Biyan mengambil palet warna yang cukup luas dengan dominasi warna-warna 'lembut' khas Makarov seperti warna netral, gradasi putih, nude, beidge, pink, serta soft scarlet. Di samping itu, ia menyelipkan warna-warna bold seperti biru tua, hitam, hijau, dan merah marun. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Koleksi busana didominasi potongan longgar, dan 'over-sized'. Aneka midi dress hadir dengan lengan merekah (puffed), A-line, juga gaun-gaun dengan aksen drappery atau lipatan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Menggunakan bahan-bahan seperti lace, tule, sutera, serta organza, Biyan seperti ciri khas desain busananya masih bermain-main dengan detail embroidery atau sulaman, patch work, manik-manik dan layering. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)