Layanan Pembersih Rumah Orang Tua yang Meninggal Sendirian

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 24/05/2018 10:41 WIB
Layanan Pembersih Rumah Orang Tua yang Meninggal Sendirian ilustrasi membersihkan rumah (Theo Wargo/Tanya-stock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sulitnya mencari pekerjaan di beragam bidang konvensional akhirnya memaksa warga Jepang untuk mencari lowongan kerja yang tak biasa.

Jepang kini menghadirkan lowongan pekerjaan sebagai tokushu soji atau industri pembersih spesial.

Tokushu soji adalah jasa pembersihan rumah. Terkesan biasa, namun nyatanya tak sebiasa itu, bahkan mungkin agak menyeramkan. Pembersih rumah ini merupakan layanan pembersihan rumah orang tua Jepang yang meninggal sendirian.



Membersihkan rumah pasca ditinggal meninggal oleh pemiliknya seharusnya dilakukan oleh sanak keluarga atau anak kandung. Namun 'tren' orang tua Jepang belakangan ini menyebabkan pembersihan rumah ini harus dilakukan oleh orang lain.

Tak dimungkiri belakangan ini, Jepang memang punya tren yang aneh, tak menikah lalu tinggal sendirian kemudian menua dan meninggal sendirian di rumah.

Hanya saja tak semua orang Jepang seperti itu, ada juga orang tua yang harus tinggal sendirian karena kondisi yang tak memungkinkan untuk tinggal bersama anggota keluarga yang lain.

Karena keluarga Jepang menjadi lebih kecil dan banyak orang yang tinggal berjauhan karena tuntutan pendidikan atau kerja, jumlah orang tua yang tinggal sendirian pun meningkat drastis.

Mengutip Sora News 24, data dari Kementerian kesehatan dan kesejahteraan Jepang mengungkapkan jumlah orang tua yang tinggal sendirian meningkat dari 4,1 juta di 2010 menjadi 6,55 juta di 2016.

Menjawab kebutuhan tersebut, kini ada lebih dari 5.000 perusahaan yang menyediakan layanan pembersih spesial ini di Jepang. Jumlah ini meningkat 15 kali lebih banyak dibanding lima tahun lalu.


Petugas pembersih tersebut harus membersihkan rumah dan mensterilkannya dengan pestisida. Beberapa petugasnya juga harus menggunakan sarung tangan pelindung untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

Meskipun jasa pembersihan dan pembuangan limbah adalah layanan utama yang ditawarkan, namun beberapa perusahaan justru memperluas layanan mereka dengan memberikan layanan pemakaman.



(chs/chs)