Tips Membuat Ayam Goreng Tepung Sempurna

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 25/05/2018 09:42 WIB
Tips Membuat Ayam Goreng Tepung Sempurna Memasak ayam goreng tepung sangat 'tricky' terutama jika ingin mendapatkan sensasi kriuk ayam yang pas. Bagaimana menyiasatinya? (Dok/Foto: Thinkstock/rez-art)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ayam goreng tepung merupakan salah satu variasi menggoreng ayam yang paling digemari. Namun, membuat ayam goreng tepung yang sempurna ternyata tak semudah itu.

Jika adonan tepung tidak pas, sensasi kriuk pada ayam bakal sulit didapatkan. Begitupun dengan takaran minyak yang tidak tepat bakal menghilangkan cita rasa ayam goreng tepung aau yang dikenal juga dengan fried chicken ini.

Dari berbagai sumber, berikut merupakan tips dan trik membuat ayam goreng tepung dengan cita rasa yang nikmat.



1. Goreng dalam jumlah yang sedikit

Koki Josh Elkin saat diwawancarai Foodbeast menyarankan untuk menggoreng ayam tepung dalam jumlah yang sedikit agar ayam dapat matang dengan sempurna. Menurut Elkin, semakin banyak jumlah ayam dalam sekali penggorengan, maka akan semakin sedikit ayam yang yang matang sempurna dan juga bakal memakan waktu lama.

2. Suhu ayam

Suhu ayam ketika masuk dalam penggorengan juga harus diperhatikan. Sebaiknya saat digoreng, ayam tepung memiliki suhu ruangan. Alasannya, ayam tepung yang terlalu dingin dapat memengaruhi suhu minyak goreng. Selain itu, ayam yang terlalu dingin juga dapat membuat kulit ayam menjadi basah dan berminyak.

3. Minyak goreng

Beberapa jenis minyak goreng terutama minyak goreng yang mahal eperti minyak zaitun tak dianjurkan untuk memasak ayam tepung. Ayam goreng tepung sebaiknya dimasak menggunakan minyak kanola, minyak kacang, dan juga minyak sayur.


4. Bumbu

Beberapa tambahan bumbu dapur pada adonan ayam goreng tepung bakal memberikan perubahan rasa. Tak ada salahnya menambahkan garam, lada dan cabai dengan takaran yang pas ke dalam adonan. Chef Gordon Ramsay bahkan dengan sengaja menusuk daging ayam dengan garpu agar adonan dapat meresak ke dalam daging.

5. Ayam yang renyah

Untuk mendapatkan ayam yang lebih garing dan renyah lumuri ayam dengan adonan tepung sebanyak dua kali. Setelah memasukkan ayam pada adonan tepung yang pertama, diamkan ayam beberapa menit dan biarkan cairan menyerap. Setelah itu, masukkan ayam kembali kedalam adonan tepung lalu digoreng. Cara ini dapat membuat ayam goreng tepung lebih renyah. (rah/rah)