FOTO: Jelang Waisak di Borobudur dan Muarojambi

ANTARA , CNN Indonesia | Senin, 28/05/2018 17:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Selain Candi Borobudur di Magelang, Candi Muarojambi di Jambi juga menjadi berkumpulnya umat Budha.

Sejumlah biksu melaksanakan prosesi Pindapata atau mengumpulkan sumbangan dari warga di sepanjang Jalan Pemuda, Magelang, Jawa Tengah, Senin (28/5). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/kye/18)
Pindapatta dilaksanakan oleh para Biksu/ Biksuni dengan cara berjalan kaki dengan kepala tertunduk sambil membawa Patta/ Patra (mangkok makanan) untuk menerima dana dari umat guna menunjang kehidupannya. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/kye/18)
Pindapatta merupakan tradisi Buddhis yang telah dilaksanakan sejak zaman kehidupan Sang Buddha, Siddhārtha Gautama, hingga saat ini. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/kye/18)
Bagi umat Buddha, Pindapatta merupakan ladang yang subur untuk menanam jasa kebajikan sebab berdana kepada mereka yang menjalani kehidupan suci merupakan suatu berkah yang utama. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/kye/18)
Sejumlah perwakilan umat Budha mengambil Api Dhamma menggunakan obor dari sumber Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (27/5). Prosesi pengambilan api Dhamma atau api abadi yang kemudian disemayamkan di Candi Mendut. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc/18)
Umat Budha melakukan pradaksina atau mengelilingi candi membawa Api Dharma dengan obor yang diambil dari api abadi Mrapen Kabupaten Grobogan saat prosesi penyemayaman Api Dharma Waisak 2018 di Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/5). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww/18)
Penyemayaman api abadi tersebut merupakan rangkaian dari ritual menjelang hari raya Waisak 2562 BE/2018, sebelum dibawa menuju altar utama di Candi Borobudur pada puncak prosesi. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww/18)
Sejumlah biksu berjalan menuju sumber api saat melakukan ritual pengambilan api abadi rangkaian dari perayaan Waisak 2562 BE/2018 se-Sumatra di Sungai Gelam, Muaro Jambi, Jambi, Sabtu (26/5). Perayaan Waisak 2018 di Sumatera akan diselenggarakan dipusatkan di Kompleks Percandian Candi Muaro Jambi. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/kye/18)