Duka Dunia Mode Indonesia atas Berpulangnya Marga Alam

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 28/05/2018 19:25 WIB
Duka Dunia Mode Indonesia atas Berpulangnya Marga Alam Sejumlah desainer, penyelenggara pekan busana, dan artis yang pernah didandani Marga Alam mengungkapkan belasungkawa dan kehilangannya. (Dok/Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia kehilangan salah satu desainer berbakatnya, Marga Alam. Ia dikabarkan berpulang akibat sakit diabetes dan komplikasi paru yang dideritanya, Senin (28/5) pagi tadi di RS MMC, Jakarta Selatan.

Duka pun menyelimuti dunia fashion tanah air khususnya para desainer yang mengenal maupun belajar dari Marga. Salah satunya, ungkapan duka diungkap desainer Defrico Audy melalui akun Instagramnya.

"Telah berpulang sahabat kami, Guru kami, desainer kebaya Indonesia, Marga Alam tadi pagi, semoga Allah SWT mengampuni semua dosanya dan memudahkan hidupnya di alam kuburnya. Selamat jalan mas Marga, semoga khuznul khotimah," tulisnya.



[Gambas:Instagram]

Sahabat Marga, desainer Ai Syarif juga mengungkapkan kesedihannya. Tak hanya bersahabat, mereka pun kerap bekerja sama untuk beberapa kesempatan pemotretan.

"Dari Marga saya banyak belajar bagaimana mencintai Allah SWT dan Bersyukur. Marga tidak pernah lupa sholat 5 waktu, beberapa kali umroh dan naik haji. Kebayanya memiliki ciri khas ukiran dan kerah tinggi. Indonesia telah kehilangan salah satu designer kebaya terbaiknya."

[Gambas:Instagram]

"Selamat jalan sahabat saya Marga. Ya Allah...tempatkan lah Marga disisi Mu, tempat terbaik dan terindah. Ampunilah dosa-dosa Marga. Kenangan indah ngga akan pernah saya lupa...," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, desainer aksesori Rinaldy Yunardi mengungkapkan dukacitanya untuk dunia mode Indonesia. Ia mengatakan dirinya juga cukup mengenal lama Marga Alam, bahkan pernah mendukung karyanya.

"Dia terkenal dengan desain kebaya, saya pernah mendukung karya dia juga," ujarnya saat dihubungi Senin (28/5).

Desain kebaya 

Sebelum berpulang, Marga terakhir kali menampilkan karyanya dalam gelaran Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) 2018 di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam gelaran ini, ia menampilkan koleksi bertajuk 'Eternity'.

[Gambas:Instagram]

Tak hanya desainer, dan penyelenggara pekan busana, duka pun dirasakan mereka yang pernah mengenakan busana rancangan Marga. Di antaranya, termasuk artis Indra Bekti dan sang istri untuk busana pernikahan mereka beberapa waktu lalu.

[Gambas:Instagram]

"Berita duka telah meninggal dunia seorang designer terbaik Indonesia, mas Marga Alam, beliau yang membantu luar biasa untuk pernikahan aku dan Dila, kami di-support luar biasa dari baju pre-wedd sampai dengan baju malam resepsi pernikahan kami, terima kasih atas kebaikan mas Marga, kami tak akan melupakan jasa-jasamu mas, semoga Allah menerima segala amal ibadahmu, meninggal di bulan baik ini semoga Allah melapangkan kuburmu ya mas, amin ya robbal alamin #indrabekti #RIPmargaalam," tulis Indra dalam akun Instagramnya.

Marga Alam merupakan desainer yang banyak bereksperimen dengan siluet kebaya. Dari tangannya, lahir rancangan kebaya yang unik dan khas, serta detail kebaya berupa embroidery sulur yang unik. Ia mengawali karier di dunia mode sebagai asisten desainer. Kemudian pada 1997, label 'Marga Alam' lahir dan ia mulai aktif mengikuti pameran-pameran. (rah/rah)