FOTO: Kuda Sebagai Obat Jiwa

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 02/06/2018 15:50 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kuda yang merupakan mahluk sosial bisa mengenali kondisi jiwa seseorang. Kuda juga bisa membantu mereka-mereka yang depresi menghapus duka lara.

Fernando Noailles berbaring di atas kudanya yang dinamai Madrid. Noailles menggunakan hewan-hewan peliharaannya untuk membantu mereka-mereka yang dilanda kecemasan dan depresi. (REUTERS/Juan Medina)
Orang-orang yang mengikuti sesi terapi Noailles menghabiskan waktu bersama kuda-kuda dan mempelajari gerakan mereka karena diyakini mencerminkan kondisi mental para pasien. (REUTERS/Juan Medina)
Noailles akan memonitor reaksi kuda-kudanya terhadap para pasien. Dari sanalah para pasien akan belajar untuk mengenali dan mengendalikan emosi. (REUTERS/Juan Medina)
Ketika para pasien baru mengikuti sesi terapi, mereka biasanya bertemu dengan kuda yang tak berhenti bergerak, atau terus melompat-lompat. Menurut Noailles, kuda itu menunjukkan pikiran yang terus bergerak dan terluka. (REUTERS/Juan Medina)
Kuda disebut-sebut merespons gerakan tubuh, napas, serta suara seseorang. Hal ini yang bisa membuat mereka mengetahui jika orang di hadapannya sedang depresi. (REUTERS/Juan Medina)
Fernando Noailles sendiri memiliki kemampuan untuk membaca gerakan-gerakan kuda karena bertahun-tahun hidup dengan kawanan kuda liar. Ia kini berusia 57 tahun. (REUTERS/Juan Medina)
Terapi menggunakan kuda bukan hanya dilakukan oleh Fernando Noailles, tapi juga beberapa tempat lainnya di dunia. Di Inggris terapi seperti ini juga digunakan untuk anak-anak. (REUTERS/Juan Medina)
Loreto Garcia adalah salah seorang pasien Fernando Noailles. Ia sudah menjalani terapi selama dua tahun untuk mengurangi depresinya. (REUTERS/Juan Medina)
Sementara ini adalah Maria Lopez, pasian Noailles lainnya. Lopez mengatakan Noailles akan menggunakan gerakan kuda untuk mengetahui apakah pikirannya sedang tenang atau tidak. (REUTERS/Juan Medina)
Satu sesi terapi kuda di Madrid, Spanyol, ini dibanderol dengan harga 120 euro, atau sekitar Rp1,9 juta. (REUTERS/Juan Medina)