Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 12:21 WIB
Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Dari mulai persiapan kendaraan, pakaian, hingga alat komunikasi jika dipersiapkan dengan baik akan membuat perjalanan mudik menjadi lebih menyenangkan. (Ilustrasi/Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua pekan menjelang Lebaran, masyarakat mulai sibuk memersiapkan diri untuk perjalanan pulang ke kampung halaman atau mudik. 

Tak jarang, pemudik menempuh perjalanan jauh menggunakan berbagai moda transportasi dari pulau ke pulau untuk sampai ke tujuan. Situasi ini sering kali membuat mereka mendapat berbagai masalah sehingga waktu berkumpul bersama keluarga tak bisa dinikmati dengan maksimal.

Demi menyiasati mudik, ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan, agar mudik tetap nyaman dan sampai di tujuan dalam kondisi baik.



1. Transportasi

Bepergian jarak jauh harus memastikan moda transportasi yang dipilih aman dan tentunya sesuai dengan kantong.

Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, pastikan kendaraan sudah diservis dan siap menempuh perjalanan panjang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kondisi aki, rem, saringan udara dan ban mobil.

Jika mudik dengan bus, kereta, kapal laut atau pesawat terbang pastikan tiket sudah didapatkan dari jauh-jauh hari.

Mudik menggunakan motor tidak disarankan karena meningkatkan risiko kecelakaan. Jika tetap ingin menggunakan motor saat mudik, ada baiknya motor dikirim menggunakan transportasi umum ke kampung halaman.

2. Barang bawaan

Kemas barang bawaan beberapa hari sebelum mudik agar tidak tergesa-gesa dan meminimalkan risiko ketinggalan. Sesuaikan kuantitas barang bawaan dengan moda transportasi yang dipilih. Dengan pesawat, misalnya, maskapai penerbangan hanya menyediakan 20 kg berat barang bawaan yang tidak dipungut biaya. Lebih dari itu akan dikenai biaya yang cukup mahal.


3. Makanan, minuman dan obat-obatan

Saat mudik, tak ada salahnya membawa bekal seperti makanan dan minuman untuk berbuka atau sahur. Harga makanan di bandara, pelabuhan, terminal, dan rest area dapat melonjak dua kali lipat ketika mudik ketimbang hari biasa.

Obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga seperti minyak kayu putih, plester demam, obat luka, anti mabuk dan obat-obatan anak juga mesti disiapkan untuk menghadapi berbagai kemungkinan saat mudik. Bagi pengemudi hindari obat yang dapat menimbulkan rasa kantuk.

4. Komunikasi

Dalam perjalanan sering kali sulit untuk mendapatkan sinyal dan menghubungi keluarga di kampung halaman. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghubungi keluarga sebelum berangkat dan terus memberi kabar secara berkala.

5. Baju yang nyaman

Jangan lupa mempersiapkan baju yang nyaman saat mudik. Tambahan jaket juga perlu dibawa untuk mengantisipasi cuaca yang dingin. Selain mempersiapkan beberapa keperluan ini, pastikan pula kondisi fisik dan mental prima saat mudik. (rah/rah)