5 Tips Agar Rumah Tetap Aman Selama Mudik

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 07/06/2018 16:36 WIB
5 Tips Agar Rumah Tetap Aman Selama Mudik Ilustrasi. (hilarycl/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan libur Lebaran tinggal menghitung hari. Yang memiliki kampung halaman biasanya mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Agar tak was-was meninggalkan rumah sepanjang perjalanan mudik, sebaiknya lakukan lima hal berikut ini:

1. Tutup pintu maksimal


Saat meninggalkan rumah jangan lupa untuk memastikan bahwa pintu tak hanya tertutup, tapi juga terkunci dengan rapat.

Setelah terkunci bisa juga membuat penghalang di depan pintu, dari tumpukan kardus misalnya, agar tamu tak diundang berpikir bahwa rumah tidak mudah disusupi.

2. Minta bantuan tetangga

Maling biasanya mengetahui rumah kosong dari tumpukan surat kabar atau surat-surat yang berserakan di depannya selama berhari-hari.

Jika ingin menjauhkan rumah dari incaran maling, ada baiknya untuk meminta bantuan tetangga untuk menyimpannya hingga waktu kepulangan.

3. 'Hidupkan' Rumah

Teknologi menghidupkan dan mematikan lampu semakin populer belakangan ini. Bagi yang sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya mulai berinvestasi memasang lampu berteknologi demikan.

Lagi-lagi alasannya karena maling mengincar rumah dengan lampu yang terus menerus menyala atau mati dalam waktu lama.

4. Stop pamer

Liburan memang menjadi momen yang mengesankan bagi setiap orang. Media sosial ikut merangsang penggunanya untuk selalu memamerkan kegiatannya selama di destinasi wisata.

Sebaiknya jangan terlalu sering mengunggah informasi kepergian selama berada di luar rumah, karena bisa saja ada orang yang berniat buruk mengobrak-abrik rumah yang sedang ditinggalkan.

Kalau masih ingin mengunggah pengalaman wisata di media sosial mungkin bisa dilakukan saat sudah sampai di rumah.

5. Jangan sekali

Memeriksa pintu, jendela, kelistrikan dan perapian sebelum meninggalkan rumah dalam waktu panjang jangan cuma dilakukan sekali.

Jika keberangkatan dijadwalkan hari Jumat, disarankan juga untuk mengecek segala keamanan rumah pada hari Rabu atau Kamis.

(ard)