Jadwal Lengkap Festival di NTT Sepanjang Tahun 2018

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 08/06/2018 18:04 WIB
Jadwal Lengkap Festival di NTT Sepanjang Tahun 2018 Desa Ratenggaro di Sumba, NTT. (AFP PHOTO / ROMEO GACAD)
Jakarta, CNN Indonesia -- Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal menggelar empat festival seru yang masuk dalam Calendar of Event NTT 2018.

Keempat festival itu yakni Festival Komodo, Parade Kuda Sandalwood dan Tenun Ikat Sumba, Festival Likurai Timor, dan Tour De Flores.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Calendar of Event NTT 2018 di Jakarta pada kamis (7/6), didampingi Asisten II Setda Provinsi NTT, Alexander Sena mewakili Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.


"Kemenpar mendukung Calendar of Event NTT 2018 sebagai upaya promosi Labuan Bajo sebagai destinasi unggulan sekaligus pencapaian target 20 juta kunjungan wisman pada 2019," ujar Arief.

Festival Komodo telah digelar bulan Maret kemarin. Sementara Parade kuda Sandalwood dan Tenun Ikat Sumba akan digelar 5 sampai 12 Juli 2018.

Selanjutnya ada Festival Likurai Timor pada 24 sampai 28 Juli 2018 dan Tour De Flores yang akan digelar pada 1 sampai 7 November 2018.

Arief mengatakan setiap festival ini memiliki keunggulan tersendiri.

Festival Komodo mengunggulkan daya tarik wisata satwa komodo sebaga salah satu dari tujuh keajaiaban dunia. Festival seni budaya dari tiap kecamatan di Manggarai Barat juga ikut ditampilkan.

Parade Kuda Sandalwood dan Tenun Ikat Sumba diseleggarakan untuk memperkenalkan daya tarik Pulau Sumba.

Lokasi kegiatannya berada di empat kabupaten. Puncak kegiatannya diselenggarakan di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Festival Likurai Timor memamerkan tarian tradisional seperti tarian perang khas daerah Belu.

Tarian itu dilakukan oleh beberapa pria dengan menggunakan pedang, sementara penari wanita menabuh tihar (kendang kecil).

Festival ini menghadirkan ribuan penari dan berlokasi di Bukit Fulan Fehan.

Terakhir, lomba balap sepeda Tour De Flores yang sudah mendunia dan terbukti mendatangkan banyak turis.

Jalur Tour De Flores dimulai dari Larantuka di Flores Timur hingga Labuan Bajo di Manggarai Barat dengan rute sepanjang 743 Km dan terdiri dari lima etape.

Pemerintah daerah NTT terus meningkatkan aksesibilitas dan amenitas dalam mendukung penyelenggaraan Calendar of Event NTT 2018.

Untuk aksesibilitas sudah ada dua maskapai yang melayani rute langsung Jakarta menuju Labuan Bajo, yaitu Batik Air dan Garuda Indonesia.

Sedangkan untuk penerbangan dari Jakarta menuju Kupang terdapat empat maskapai yang melayani rute tersebut yaitu Batik Air, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Air.

Untuk akomodasi telah tersedia hotel berbintang seperti The Jakayakarta Suit Komodo Flores, Bintang Flores Hotel, Plataran Komodo, dan Nihi Sumba.

(ard)


BACA JUGA