OBITUARI

Anthony Bourdain, Sang 'Elvis Presley' Dunia Kuliner

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 08/06/2018 19:53 WIB
Anthony Bourdain, Sang 'Elvis Presley' Dunia Kuliner Anthony Bourdain. (Foto: REUTERS/Jonathan Alcorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koki selebriti, penulis kuliner dan pembawa acara kuliner Anthony Bourdain meninggal dunia dalam usia 61 tahun.

Berita duka ini disampaikan oleh CNN. CNN mengonfirmasi bahwa pria bernama asli Anthony Michael Bourdain ini meninggal dunia karena bunuh diri.

"Dengan kesedihan mendalam kami mengonfirmasi meninggalnya teman dan kolega kami Anthony Bourdain," bunyi pernyataan dari CNN Network pada Jumat pagi (8/6).


"Kecintaannya pada petualangan, teman baru. Makanan enak, minuman, serta cerita tak terlupakan di dunia membuat dia menjadi sosok 'pencerita' yang unik. Talentanya tak pernah berhenti untuk membuat kami kagum dan kami akan merindukan dia. Doa dan pikiran kami tercurah untuk putri dan keluarganya di masa sulit ini."


Jenazahnya ditemukan di salah satu hotel di Perancis saat dia sedang syuting episode terbaru acara kulinernya. Tubuhnya ditemukan tak bernyawa oleh teman dekatnya koki Perancis Eric Ripert.

Bourdain dikenal dikenal sebagai seorang pembawa acara di jaringan tersebut dengan program kuliner dan wisata 'Parts Unknown'. Namanya juga menanjak usai mengajak Presiden Barack Obama makan bersama di Vietnam.

Bourdain juga dikenal ahli dalam bidang yang digelutinya termasuk di dapur dan juga di media. Namanya mulai dikenal lewat berbagai acara televisi dan tulisan kuliner di bukunya.

Dia dianggap sebagai sosok yang berbeda di dunia kuliner. Dia mengeksplorasi kondisi manusia dan membuat penontonnya punya pikiran berbeda soal makanan, wisata, dan juga diri mereka sendiri.

Advokasi Orang Terpinggirkan

Dia juga mengadvokasi orang-orang yang terpinggirkan dan berkampanye untuk mendapatkan kondisi kerja yang lebih aman untuk staf restoran.

Kiprahnya di dunia kuliner ini diganjar dengan berbagai penghargaan. Pria kelahiran New York 25 Juni 1956 ini menerima Peabody Awards pada 2013 bersama dengan 'Parts Unknown'.

"Kami menanyakan pertanyaan yang sangat sederhana: Apa yang membuat Anda bahagia? Apa yang Anda makan? Apa yang Anda suka masak? dan setiap tempat di dunia kami datangi dan kami tanyakan pertanyaan ini," ucapnya.


Sebelum menjadi host di 'Parts Unknown', Bourdain juga sempat membintangi beberapa acara kuliner yaitu 'A Cook's Tour, Anthony Bourdain: No Reservations'. Acara itu pun diganjar dengan penghargaan Emmy Awards dan menjadi nominasi banyak ajang penghargaan.

Ayah dari Ariane Bourdain ini pun sempat menulis beberapa judul buku dan artikel kuliner. Di tahun 1999 dia menulis artikel Don't Eat Before Reading This. Sedangkan di tahun 2000 bukunya yang berjudul Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly. Buku ini pun menjadi salah satu best seller dunia.


Beragam julukan pun disematkan pada sosok Bourdain. The Smithsonian pernah menjulukinya sebagai 'bintang rock asli' di dunia kuliner sampai Elvis of Bad Boy Chefs.

Hanya saja dalam kariernya sebagai pakar kuliner dan selebriti chef, Bourdain dikenal dengan komentar sarkastik. Dia juga sosok chef yang pandai 'mengambil hati' dan mudah dekat dengan orang dari berbagai negara dan kalangan.

Bourdain pun tak ragu ketika harus mencicipi makanan di pinggir jalan atau di warung kecil pinggir jalan di seluruh dunia. (asa/asa)