Sosok Anthony Bourdain di Mata William Wongso

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 08/06/2018 20:10 WIB
Sosok Anthony Bourdain di Mata William Wongso Anthony Bourdain (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok pakar kuliner dan juga mantan koki Anthony Bourdain meninggal dunia pada Jumat (8/6) di Perancis.

Kematian Bourdain ini pun menyisakan kesedihan di hati koki selebriti dan pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

William mengungkapkan bahwa Bourdain adalah sosok yang gigih semasa hidupnya.



"Anthony seorang yang respect and appreciate world food culture (menghargai dan menghormati budaya kuliner dunia) tanpa pilih kasih. Sangat persisten dengan apa yang digeluti," kata William Wongso kepada CNNIndonesia.com, Jumat (6/8).

Sebagai seorang pakar kuliner, William menilai Anthony sebagai sosok yang gemar dengan makanan pinggiran.

"Anthony seorang yg menjunjung tinggi street food culture. Dia ambil Singapore hawker food sebagai panutan untuk rencana buka Bourdin Market di NYC yang akan memasukan 120 world best street food di NYC," katanya.

"Dia pernah mengatakan pada saya 'William, street food always give you culinary surprises. Fine dining you know already predicted to get good food. (William, makanan kaki lima selalu memberikan kamu kejutan. Sedangkan fine dining, seperti yang kamu tahu selalu bisa diprediksi untuk mendapatkan makanan enak.)"

Bourdain sendiri pun pernah menyambangi Indonesia. Beberapa bulan lalu, sekitar bulan April, pria bernama lengkap Anthony Michael Bourdain ini menyambangi Indonesia.


Dalam salah satu unggahannya, Bourdain sempat mencicipi makanan Padang di Jakarta. Meski pun ini bukan pertama kalinya Bourdain mengunjungi Indonesia, namun dia tetap terlihat menikmati kunjungannya di Jakarta dan Bali.

William juga mengungkapkan bahwa Anthony sempat mengharapkan rendang jadi primadona Indonesia di dunia.

"Tahun lalu di Manila World Street Congress ditanya masakan apa yang diharapan dari Indonesia. Jawaban singkat Rendang but no fusion."

William WongsoFoto: CNN Indonesia/Vega Probo
William Wongso

Anthony Bourdain juga termasuk salah satu teman William. Bourdain sendiri menyempatkan diri untuk menulis komentar dan pengantar di buku kuliner Cita Rasa Indonesia: Ekspresi Kuliner William Wongso.

Menurut pernyataan CNN, perusahaan media yang menaungi salah satu acara kuliner Bourdain Parts Unknown ini, Bourdain meninggal dunia karena bunuh diri di sebuah hotel di Perancis.

Jenazahnya ditemukan di salah satu hotel di Perancis saat dia sedang syuting episode terbaru acara kulinernya. Tubuhnya ditemukan tak bernyawa oleh teman dekatnya koki Perancis Eric Ripert.

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis (chs/chs)