FOTO: Buka Puasa di Kampung Arab Jakarta

CNN Indonesia/Safir Makki, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 15:22 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berbuka puasa di kampung Arab di masjid Azzawiyah, Pekojan, Jakarta memberi pengalaman berbeda bagi sejumlah warga.

Momen berbuka puasa menjadi pengalaman berbeda di masjid Azzawiyah, Pekojan, Jakarta. Sejumlah warga antusias untuk hadir bersilaturahmi dan khataman al quran. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga keturunan arab berdatangan ke Masjid Azzawiyah, Pekojan, Jakarta. Di kawasan Pekojan ini memang banyak ditemui masjid bersejarah. Masjid-masjid itu merupakan peninggalan warga keturunan Hadramaut (Yaman), Arab, dan India, yang banyak tinggal di kawasan itu. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tradisi itu sendiri sudah ada sejak tahun 1800-an. Bukan hanya warga sekitar, Kampung Arab juga diramaikan warga dari Kepulauan Seribu dan Bogor. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Para jamaah menyiapkan nasi kebuli yang akan disantap bersamaan saat buka puasa di Masjid Azzawiyah, Pekojan Jakarta. Tradisi turun temurun ini selalu dilakukan di malam 27 Ramadan bertepatan dengan khataman Al quran. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Makanan berbuka puasa tak hanya datang dari warga kampung arab saja, Sumbangan dari habib dan jamaah pun mengalir. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Buka puasa bersama di masjid Azzawiyah Pekojan ini hanya diikuti kaum laki-laki saja, sementara kaum perempuan buka bersama jamaah perempuan di dalam rumah.(CNNIndonesia/Safir Makki)
Sebelum azan maghrib, makanan minuman disajikan kepada jamaah yang hadir. Es sirup kelapa muda, buah kurma sebagai penambal dahaga sebelum makan besar. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Banyaknya jamaah yang hadir untuk berbuka puasa hingga meluap ke jalanan. Antusias jamaah dan warga hadir setahun sekali untuk bersilaturahmi dan khataman al quran. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dalam tradisi di Kampung Arab, warga beramah-tamah ke semua rumah dan mencicipi hidangan. Tradisi itu sekaligus melambangkan toleransi dan silaturahmi yang terus dijaga. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Nasi kebuli disantap bersamaan dengan lauk potongan kambing dan juga ayam ditambah acar. Budaya arab sangat kental sekali khususnya kuliner saat buka puasa bersama di Masjid Azzawiyah Pekojan Jakarta. (CNNIndonesia/Safir Makki)