LAPORAN DARI SINGAPURA

Makanan Amerika-Korea, Menu Makan Siang Kim dan Trump

Riva Dessthania, Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 11:41 WIB
Di sela pertemuan bersejarah Kim Jong Un dan Donald Trump, keduanya disajikan menu makan siang yang merupakan kolaborasi hidangan Amerika dan Korea. Kim Jong Un dan Donald Trump makan bersama saat pertemuan bersejarah di Singapura ( REUTERS/Jonathan Ernst)
Singapura , CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pimpinan Korea Utara Kim Jong Un hari ini melakukan pertemuan di Capella Hotel, Sentosa, Singapura.

Dalam pertemuannya Kim Jong Un dan Donald Trump juga dijadwalkan untuk makan siang bersama. Jamuan makan siang bersama keduanya juga dilakukan di hotel tersebut.

Gedung Putih pun merilis daftar menu yang akan tersaji di meja makan mereka.



Di dalam menunya, kedua pemimpin negara ini dimanjakan dengan aneka santapan dan sajian makanan lezat dari kedua negara asal.

Menu pembuka

Jamuan makan siang keduanya dibuka dengan koktail udang plus salad alpukat, kerabu mangga dengan dressing madu dan jeruk nipis serta gurita segar.

Kerabu mangga dibuat dengan mangga muda yang diiris tipis memanjang, rasanya mirip dengan asinan yakni perpaduan manis, asam dan pedas.

Sajian asli Korea yaitu oiseon juga disajikan sebagai pembuka.

Dilansir dari Korea Herald, makanan ini berupa ketimun yang diisi dengan daging sapi, jamur oak cokelat, dan putih telur plus kuning telur sebagai garnish. Rasa manis dan asam diharapkan dapat menggugah selera apalagi tampilannya juga menggoda.


Menu utama

Setelah menikmati makanan pembuka, Kim dan Trump akan menikmati lezatnya menu makanan pembuka Amerika-Korea.

Sebagai hidangan ala Amerika, confit iga sapi yang disajikan dengan kentang dauphinois dan brokoli kukus yang disiram dengan saus anggur merah di sisinya akan memuaskan lidah Amerika suami Melania Trump ini.

Sedangkan untuk memuaskan lidah Korea Kim Jong Un, makanan utama asli Korea, babi saus asam manis yang disajikan dengan nasi goreng Yangzhou dengan saus cabai XO jug akan disajikan.

Tak ketinggalan hidangan khas Korea yakni Daegu Jorim akan melengkapi menu utama makan siang Kim Jong Un dan Donald Trump saat pertemuan bersejarah di Singapura. Hidangan ini dibuat dari ikan cod rebus bumbu kecap dengan sayur-sayuran.


Menu penutup

Sebagai hidangan pencuci mulut, Trump dan Kim akan menyantap tartlet ganache cokelat hitam, es krim Haagendazs dan Tropezienne.

(chs/chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK