FOTO: Di Balik Proses Kreatif Desainer Itang Yunasz

Andry Novelino, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 13:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebelum memamerkan karyanya di panggung peraga, Itang Yunasz menjalani proses panjang dari mulai membuat sketsa hingga mewujudkannya bersama tim.

Berkiprah sejak awal 1980-an, Itang Yunasz sudah hampir empat dekade berkecimpung di dunia mode Indonesia. Sepanjang itu, desainer bernama asli Yusirwan Yunasz (59) ini telah menggeluti bidang busana muslim selama separuhnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Awalnya Itang merancang adibusana, gaun malam dan busana siap pakai. Kini, ia punya lima label busana; Itang Yunasz (lini utama), Tatum (busana kerja), Marrakech (busana muslim untuk anak muda), Preview (busana muslim pria), Kamilaa (busana muslim perempuan) dan Allea (busana perempuan). (CNN Indonesia/Andry Novelino) 
Sejak 2000-an, Itang fokus menggarap busana modest yang sopan dan tertutup. Itang memasarkan beberapa label yang dibuatnya di Tanah Abang dan bekerja sama dengan beberapa partner. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Itang biasa merancang busana di kantornya, di kawasan Permata Hijau, Jakarta. Di lokasi ini Itang menuangkan ide di kepalanya dalam bentuk desain busana. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Menurut Itang, kualitas busana tak bisa dilihat setengah-setengah. Artinya, sekalipun busana tersebut dijual dalam harga murah dan tempat yang panas seperti pasar Tanah Abang, ia juga tetap memerhatikan kualitas busana dan menciptakan busana yang sesuai tren. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam menggarap busana, Itang dibantu beberapa staf yang bakal mengeksekusi hasil rancangannya. Mulai dari menentukan warna, bahan, hingga menjahit. Iang bakal mengawasi langsung proses itu hingga busana siap dipasarkan ke masyarakat luas. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ciri khas desain Itang, khususnya dalam busana muslim tampak dari desain busana longgar dan hijab yang simpel. Ia juga kerap mengeluarkan koleksi busana yang kaya motif dan menggunakan tenun asli Nusantara. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Itang dan timnya mulai menggodok koleksi busana setahun atau enam bulan sebelum dijual ke pasaran. Seperti baju bertemakan Asian Games 2018 ini siap diproduksi menyambut ajang multiolahraga itu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Itang mengaku tak memiliki butik. Rancangan Itang langsung dipasarkan di beberapa Departement Store, Tanah Abang dan beberapa rekan kerja, seperti Allea yang diedarkan melalui PT Selancar Mandiri. (CNN Indonesia/Andry Novelino)