FOTO: Tawar Menawar di Pasar Loak Terbesar di Eropa

ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 09:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- IJ Hallen adalah pasar loak terbesar di Eropa yang berada di Amsterdam, Belanda.

Suasana pasar loak IJ Hallen di Amsterdam, Belanda.
Pengunjung antre membeli tiket masuk pasar loak IJ Hallen di Amsterdam, Belanda. IJ Hallen adalah pasar loak terbesar di Eropa yang berada di Amsterdam, Belanda.
Untuk masuk ke pasar loak ini dipungut bayaran sebesar €5 (dewasa) dan €2 (anak-anak). Sementara para penjualnya dikenakan bayaran sebesar €31 untuk stan sepanjang 4 meter dan jika memilih lokasi di hook dikenakan bayaran sebesar €37 dengan panjang stan yang sama. 
Pasar loak IJ Hallen berada di kawasan Amsterdam Noord, bekas galangan kapal Nederlandse Droogdok en Scheepsbouw Maatschappij (NDSM) tua yang besar.
Galangan kapal ini dibangun seabad lalu tapi tahun 1984 mengalami kebangkrutan dan menyisakan gedung-gedung bekas perkantoran mereka. Para seniman lokal akhirnya mengambil alih daerah ini dan membuat beragam kegiatan kreatif. 
Hampir semua kebutuhan dapat ditemui di tempat itu, seperti pakaian bekas, sepatu, mainan, peralatan rumah tangga, barang antik, persediaan dapur, bahkan
Kegiatan di pasar loak ini berlangsung sebulan sekali. Biasanya diadakan pada akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu, dari jam 09.00 hingga 16.30.
Beberapa pengunjung yang sudah sering berbelanja di sana terkadang punya strategi untuk datang lebih awal dengan harapan mendapatkan barang terbaik sebelum orang lain menemukannya.
Aneka mobil-mobilan yang dijual di pasar loak IJ Hallen, Amsterdam, Belanda.
Lokasi IJ Hallen dapat dicapai dengan bus dari Amsterdam Central Station menuju Klaprozenweg atau Ataturk, setelah itu hanya membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki untuk mencapai pasar loak tersebut. 
Pengunjung istirahat seraya makan dan minum di pasar loak IJ Hallen, Amsterdam, Belanda.
Selain dengan bus, bisa juga dengan ferry 906 yang dermaganya berada di belakang Amsterdam Central Station, dengan jadwal berangkat setiap 30 menit, tanpa dipungut biaya. Waktu tempuh ferry rute ke NDSM-Werf tersebut hanya sekitar 15 menit dan sandar di dekat lokasi pasar.