Makedonia Sepakat Ganti Nama

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 15:12 WIB
Makedonia Sepakat Ganti Nama Sausana di Republik Makedonia. (Foto: AFP PHOTO/Robert Atanasovski)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama ini cukup banyak wisatawan yang 'tertipu' saat ingin mengunjungi Makedonia. Pasalnya ada sebuah negara bernama Republik Makedonia, dan sebuah daerah di Yunani yang bernama sama. Keduanya masuk dalam kawasan Eropa.

Namun saat ini negara Makedonia telah resmi berganti nama menjadi Republik Makedonia Utara. Hal itu sekaligus menjadi peredam ketegangan antara Yunani dan Makedonia yang terjadi selama ini.

Perdana menteri Makedonia Zoran Zaev dan perdana menteri Yunani Alexis Tsipras, menjalin kesepakatan itu pada hari Senin (11/6).


Mengutip CNN, Makedonia adalah sebuah negara yang berhasil memerdekakan diri dari Yugoslavia, di tahun 1991. Sedangkan Yunani merasa sudah lebih dulu memiliki daerah yang bernama Makedonia.

Sedangkan Makedonia di Yunani berada di kawasan pegunungan bagian utara. Di tempat ini terdapat kota kedua terbesar di Yunani yakni Thessaloniki, dan sebuah situs warisan UNESCO bernama Philippi.

Kesamaan nama ini ternyata membuat aplikasi Google Maps menuliskan Former Yugoslav Republic of Macedonia (FYROM) untuk menyebut Makedonia.

Terkait kesepakatan ini, Zaev mengatakan hal tersebut tidak mengubah identitas etnis dan kultural rakyat Makedonia.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, mengucapkan selamat kepada dua kepala negara.

"Saya terus berdoa yang terbaik untuk kedua negara. Terima kasih telah membuat hal ini terjadi," ujarnya. (agr)