Dugaan Pelecehan Seksual, Paul Marciano Mundur dari Guess

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 20:32 WIB
Dugaan Pelecehan Seksual, Paul Marciano Mundur dari Guess Paul Marciano, co-founder dari label fesyen mewah Guess mundur dari jabatannya setelah investigasi dugaan pelecehan seksual selesai dilakukan Guess.(Emma McIntyre/Getty Images for GUESS, Inc. /AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paul Marciano, co-founder dari label fesyen mewah Guess mundur dari jabatannya pada Selasa (12/6).

Pengunduran diri Marciano ini dilakukan setelah selesainya investigasi perusahaan pada kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan Marciano.

"Marciano melakukan penilaian yang buruk dalam soal komunikasi dengan model dan fotografer dan menempatkan dirinya dalam situasi di mana tuduhan tersebut mungkin dilakukannya, dan itu memang terjadi" kata Guess dalam laporan yang diberikan kepada pihak Securities and Exchange Commission, dikutip dari AFP.



Marciano mundur dari posisinya ini sebagai executive chairman, namun dia tetap menduduki posisi di dewan label dan tetap menjadi kepala kreatif sampai kontraknya berakhir pada Januari.

Dia telah mengundurkan diri dari tugas hariannya ketika penyelidikan dimulai pada Februari lalu. Marciano sendiri memiliki 17 persen saham di Guess Inc.

Keputusan tersebut muncul karena adanya suara bulat dari dewan label.

"Dua penyelidik independen melihat pada tuduhan adanya komentar dan pesan yang tak pantas dan perbuatan tak diinginkan termasuk ciuman dan meraba-raba," ucap Guess.

Dalam dokumen tersebut dikatakan bahwa mereka mewawancarai lebih dari 40 orang lebih dan melihat 1,5 juta halaman dokumen.

"Kami senang dengan berita ini. Namun banyak yang harus dilakukan jika Guess benar-benar ingin menjadi merek yang menghormati perempuan," kata Lisa Bloom, pengacara yang mewakili empat perempuan yang diduga korban Marciano.

Hanya saja Bloom menyatakan kekecewaannya karena Marciano masih akan ada di label tersebut sampai awal tahun depan.

"Kami tidak percaya pada pria yang punya begitu banyak tuduhan pelecehan seksual bisa memimpin perusahaan, terutama pada perusahaan yang menjual banyak produk untuk perempuan."

GuessFoto: REUTERS/Rick Wilking
Guess

Tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh co-founder Guess ini awalnya dibongkar oleh Kate Upton.

Upton mengungkap pengalaman menyakitkan bekerja dengan Marciano dalam sebuah wawancara dengan Time.

Kejadian itu berawal saat syuting lingerie produk Guess pada 25 Juli 2010 lalu. Usai pengambilan gambar, Marciano ingin bertemu dengan Upton yang saat itu masih berusia 17 tahun.

"Begitu saya masuk dengan fotografer Yu Tsai, Marciano langsung menghampiri saya, dengan paksa meraih payudara saya dan mulai memegangnya. Setelah saya mendorongnya pergi, dia berkata, 'Saya memastikan mereka asli,'" kata Upton.


Diberitakan US Magazine, Marciano sebelumnya membantah semua tuduhan Upton dalam sebuah pernyataan kepada TMZ.

"Saya tidak pernah menyentuh Kate Upton. Saya tidak pernah berduaan dengan Kate Upton. ... Saya telah mengabdikan seluruh karier saya untuk membangun perusahaan fashion dan merek yang memiliki catatan panjang dan bangga untuk memberdayakan wanita. Saya sepenuhnya mendukung gerakan #metoo," kata Marciano membantah. (chs/chs)