Mengenal Kuweni, Buah 'Beracun' yang Diduga Bunuh Gajah Bunta

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 14:55 WIB
Mengenal Kuweni, Buah 'Beracun' yang Diduga Bunuh Gajah Bunta ilustrasi mangga (Pixabay/PublicDomainPictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bunta, gajah jinak ditemukan mati di Dusun Jamur Batang, Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur Sabtu (9/6). Diduga Bunta mati karena keracunan buah kuweni.

Dugaan ini muncul berkat laporan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh yang diterima Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

"Ada cairan di rongga dada. Cairannya keruh dan ada buah kuweni di usus. Jadi orang itu ngeracuninya pakai buah kuweni," kata Siti, Rabu (13/6).



Buah kuweni merupakan buah yang masih satu keluarga dengan buah mangga. Seperti keluarganya, kuweni banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Guam, Filipina, Thailand, Vietnam juga Indonesia. Buah dengan nama Latin Mangifera odorata ini memiliki aroma khas yang cukup kuat meski belum dikupas.

Selain memilikki aroma yang khas, kuweni matang rasanya manis berair. Namun menikmati buah ini harus bersiap dengan serat-seratnya yang berukuran relatif lebih besar dibanding mangga.

Akan tetapi, mengapa kuweni bisa membunuh gajah Bunta?

Mengutip dari buku CRC World Dictionary of Medical and Poisonous Plants (2012), Umberto Quattrocchi menuliskan getah kulit buah yang masih mentah mengandung racun. Getah beracun pada buah kuweni ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit sampai dermatitis.

Hanya saja, sekalipun beracun, jika konsumsi tepat, buah yang sudah matang aman dikonsumsi dan punya manfaat untuk kesehatan. Serat buah kuweni bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan pencernaan dan mengikat lemak yang masuk ke tubuh.

Kuweni juga mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah gangguan kesehatan mata. Selain itu ia kaya akan vitamin B6 untuk meningkatkan sistem imu serta membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel-sel.

Dari beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi yang paling banyak dimiliki kuweni. Dalam 100 gram kuweni terdapat 40-50 persen kandungan vitamin C. Vitamin ini bermanfaat sebagai antioksidan, mempercepat penyembuhan luka dan mencegah dan mengobati sariawan. (chs)