Libur Lebaran, Kebun Binatang Bandung Tambah Wahana

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 15/06/2018 10:47 WIB
Libur Lebaran, Kebun Binatang Bandung Tambah Wahana Kebun Binatang Bandung (CNN Indonesia/Huyogo)
Bandung, CNN Indonesia -- Dalam menyambut dan memeriahkan libur Lebaran, pengelola Kebun Binatang Bandung menyiapkan wahana baru dan menarik.

Marketing Komunikasi Kebun Binatang Bandung Sulhan Safii menuturkan, pihaknya sudah berbenah menghadapi libur Lebaran.

Pembenahan di antaranya mulai dari renovasi kandang satwa karnivora, penambahan wahana hingga penyempurnaan fasilitas umum.


"Kami sudah merenovasi beberapa kandang karnivora, bagian utamanya tidak diubah tapi furniturnya ditambah biar lebih menarik," ujar Sulhan ditemui CNNIndonesia.com, Kamis (14/6).

Sulhan menjelaskan, jumlah kandang yang direnovasi total berjumlah tujuh buah. Di antaranya dua buah kandang singa, satu kandang harimau benggala, satu kandang macan tutul, dan satu kandang binturung.

"Untuk memperkaya isi kandang, diberikan kolam dan permainan di dalam kandang," tuturnya.

Pihak kebun binatang juga menyediakan fasilitas baru berupa skywalk. Jembatan setinggi 75 meter itu dibuat agar para pengunjung bisa melihat satwa dengan cara berbeda.

"Skywalk ini membuat pengunjung bisa melihat lebih dekat macan tutul dan beruang madu lebih dekat," ujarnya.

Sedangkan fasilitas umum seperti masjid kini jadi lebih luas. Juga disediakan bangunan tambahan di area masjid dengan teras yang bisa menampung sekitar 100 orang. Tak hanya itu, empat toilet umum ditambahkan pihak pengelola.

"Selain itu kita bikin tempat photobooth sebanyak lima buah. Dua di lokasi kandang burung, satu di lokasi binturung, onta dan kolam ikan. Untuk foto-foto gratis," ujarnya.

Sulhan mengungkapkan, Kebun Binatang Bandung sendiri menetapkan 10 hari sebagai pekan liburan dengan menerapkan harga normal.

"Harga tiket tetap normal Rp40 ribu. Terhitung mulai sejak hari pertama sampai 10 hari kita berlakukan tiket terusan," kata dia.
Dengan diberlakukannya tiket terusan, Aan mengungkapkan, pengunjung bisa menikmati seluruh wahana yang disediakan.

"Untuk bermain perahu itu tidak dikenakan biaya lagi. Semuanya sudah termasuk dalam satu tiket gelang," kata Sulhan.

"Tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 108 ribu dalam 10 hari. Untuk tahun ini kita menargetkan 120 ribu pengunjung," ungkap dia.

Adapun jam operasional Kebun Binatang Bandung mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

"Untuk petugas keamanan pada siang hari kita tambah jadi 11 orang. Karyawan dengan pakaian kasual ada sekitar 14 orang di dalam yang disiapkan di pintu masuk dan area kandang. Petugas lainnya bertugas seperti biasa," ujarnya. (hyg/chs)