7 Hal Terlarang Saat Silaturahmi Lebaran ke Calon Mertua

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Jumat, 15/06/2018 19:31 WIB
7 Hal Terlarang Saat Silaturahmi Lebaran ke Calon Mertua ilustrasi pasangan (Brodie Vissers via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Momen 'mengerikan' saat Lebaran bukan cuma saat ditanya kapan menikah. Namun momen yang menakutkan saat Lebaran juga terjadi ketika Anda harus bersilaturahmi ke rumah calon mertua untuk pertama kalinya.

Tak dimungkiri, pertemuan pertama ini memang bakal sedikit menakutkan. Namun menurut konsultan hubungan Nichi Hodgson, tak ada alasan untuk grogi di hadapan calon mertuanya.

"Bagaimanapun pasangan telah memilih Anda dan itu adalah pendapat pasangan dan percaya saja akan hal itu," kata Nichi dikutip dari The Independent



Meski diliputi rasa percaya diri, orang sebaiknya memperhatikan delapan hal sebelum bertemu dengan calon mertua.

1. Larut dalam topik yang 'serius'
Kali pertama bertemu calon mertua, satu hal yang tak mungkin dihindari adalah mengobrol. Topiknya pun beragam mulai dari hal-hal 'receh' hingga yang serius. Hanya saja,konsultan pernikahan Sheela Mackintosh Stewart mengungkapkan bahwa Anda harus menghindari hal yang serius perihal politik atau isu sensitif.

Menghindari bukan berarti serta merta mengalihkan pembicaraan melainkan dengan memberikan pandangan yang lebih berimbang.

2. Menjawab semua pertanyaan
Rasa ingin tahu mertua kadang memaksa orang untuk menyingkap sisi 'gelap' atau memalukan diri. Tak perlu dijawab jika hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman.

3. Mengharap ditraktir calon mertua
Pertemuan kadang bisa dilakukan di sebuah restoran. Meski ini ajakan calon mertua, jangan selalu berharap mereka akan membayar tagihannya. Meski ini bisa saja terjadi, tapi tetap usahakan membayarnya.

4. Bermain dengan ponsel saat ngobrol
Dennie Smith, pendiri Old Style Dating mengingatkan agar orang tidak mengecek ponsel dalam kondisi apapun saat di tengah obrolan. Aturan ini juga berlaku bagi mereka yang sedang berkencan dengan pasangan.


5. Pamer kemesraan
Kadang ada kecenderungan ingin selalu dekat dengan pasangan, menunjukkan afeksi baik dengan kata atau sentuhan. Namun hal ini sebaiknya dikurangi saat bersama calon mertua. Shannon Smith, ahli kencan dari Plenty of Fish berkata ini penting untuk mengurangi Public Display of Affection (PDA).

6. Cuek
Secuek apapun sifat diri, coba untuk lebih dikendalikan. Beri perhatian pada calon mertua mulai dari komentar soal masakan yang disajikan, keramahan mereka atau pujian sebagai ekspresi apresiasi atas kemampuan mereka merawat anak-anaknya.

7. Bertingkah layaknya tamu yang harus dilayani
Undangan makan malam bersama di rumah calon mertua jadi kesempatan untuk mengenal mereka lebih dekat. Konsultan hubungan, Verity Hogan mengingatkan untuk selalu menawarkan bantuan meski saat itu posisinya sebagai tamu. Langkah ini juga menunjukkan pada calon mertua bahwa orang memiliki sisi positif yakni kerja keras dan inisiatif. (chs/chs)