Akses ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Masih Rusak

ANTARA, CNN Indonesia | Sabtu, 16/06/2018 14:49 WIB
Akses ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Masih Rusak Kondisi salah satu ruas jalan di Kabupaten Garut. (Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian akses jalur ke objek wisata unggulan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, masih mengalami kerusakan, tetapi secara fungsi sudah cukup aman untuk dilintasi kendaraan wisatawan yang ingin mengisi waktu libur lebaran.

Salah satu objek wisata yang jalurnya masih terdapat kerusakan adalah Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Garut, Jujun Juansyah, mengatakan masih ada beberapa titik jalan yang kondisinya belum dapat diperbaiki oleh pemerintah daerah.


"Papandayan jalur kabupaten. Ada beberapa yang rusak sekitar 10 persen, tapi secara keamanan masih layak dilalui kendaraan," kata Jujun, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (16/6).

Ia mengatakan jika diprosentasekan 90 persen akses jalan menuju objek wisata di Kabupaten Garut sudah bisa dilewati kendaraan dengan mudah dan aman.

Sementara itu, ia melanjutkan, akses menuju daerah wisata lain seperti Situ Cangkuang di Kecamatan Leles telah dilakukan pemerataan jalan.

Kemudian jalur objek wisata Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler, juga sudah selesai dilakukan pemeliharaan sehingga aksesnya lebih mudah.

"Wisata Situ Bagendit tidak masalah, untuk daerah selatan seperti Pantai Sayang Heulang sudah bagus, kemudian daerah lainnya ada yang sudah bagus," katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Garut memiliki kewenangan untuk pemeliharaan jalan sepanjang 829 kilometer, sebesar 75 persen dalam kondisi bagus. (agr)