Menhub Harap Arus Balik Jadi Ajang Wisata Kuliner

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 21/06/2018 02:01 WIB
Menhub Harap Arus Balik Jadi Ajang Wisata Kuliner ilustrasi kuliner mudik (CNN Indonesia/Rahman Indra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan ini menjadi momen arus balik dari kampung halaman ke Jakarta bagi sejumlah pemudik. Jalan-jalan tol luar Jakarta dan jalan alternatif dari kampung halaman menuju Jakarta mulai penuh dan macet.

Namun, daripada stres dan pusing karena macet, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan agar arus balik bisa menjadi ajang wisata kuliner. Terutama bagi pemudik yang melintas di jalur utara, tengah, dan selatan.

"Kami sudah adakan rapat, memang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya prasarana. Oleh karenanya, nanti waktu pulang mudik itu baliknya mudik kuliner, jadi sambil kuliner," kata Budi Karya dikutip dari Antara.

"Kami akan bikin 'campaign', bikin brosur, mengedukasi bagaimana kearifan lokal itu bisa dijajaki oleh masyarakat."


Dia mengungkapkan ada banyak kota di jalur-jalur mudik dengan potensi kuliner dan tempat rekreasi untuk dikunjungi. Hal ini diungkapkannya sekaligus untuk membantu meningkatkan pendapatan daerah.

"Yang harus diperhatikan adalah 'rest area', tempat rekreasi. Yang sudah kami inventarisir ada 24 tempat, 21 di antaranya sudah ada, tapi yang tiga kami taruh di beberapa kota seperti di Batang, Tegal, dan Pekalongan," lanjutnya.

Terkait kesiapan arus balik, Budi Karya mengatakan, pemerintah juga telah siap mengantisipasi terjadi lonjakan pada 19-20 Juni 2018.

(chs/chs)