Alasan Rambut Pemain Sepak Bola Jadi Fenomena Dunia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 18/06/2018 12:11 WIB
Alasan Rambut Pemain Sepak Bola Jadi Fenomena Dunia Pemain sepak bola bukan hanya menarik perhatian karena gaya dan sepak terjangnya di lapangan hijau saat pertandingan, tapi juga soal rambut. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain sepak bola bukan hanya menarik perhatian karena gaya dan sepak terjangnya di lapangan hijau saat pertandingan.

Para pemain sepak bola pria juga kerap diamati penampilannya, terutama gaya rambutnya. Tak jarang, gaya rambut para pemain bola ini juga menjadi tren dan diikuti banyak orang.

Foto-foto gaya rambut para pemain sepak bola pun kerap dipajang di beberapa salon-salon potong rambut pria. Foto David De Gea, kiper Spanyol adalah salah satu foto yang banyak dipajang di kawasan Indiana.



De Gea memiliki rambut yang pendek dan tipis di bagian sisinya, sedangkan di bagian atasnya ditata rapi dengan tambahan pomade.

Di tahun ini ada beberapa gaya rambut pemain sepak bola yang menarik perhatian. Lionel Messi jadi perhatian dengan rambut keren yang rapi. Mengutip WWD, fan Argentina melaporkan bahwa Messi pergi ke sebuah barbershop di Serbia untuk memotong rambutnya.

Di musim Piala Dunia 2018 ini, ada banyak fan yang mengikuti gaya potongan rambut pesepakbola idolanya. Gaya rambut pesepakbola ini pun mendadak jadi tren di dunia.

Sebelum gaya rambut Piala Dunia 2018 populer, gaya rambut David Beckham juga sempat hit beberapa waktu lalu. Semasa Beckham masih menjadi pesepakbola, dia dianggap sebagai 'takaran' pria modis.

Mengapa rambut pemain bola jadi sebuah fenomena?

Mengutip Racked, atlet pria biasanya tak terlalu diperhatikan gaya rambutnya, kecuali diejek atau berapa lama perkiraan penataannya.

PogbaFoto: REUTERS/Toru Hanai
Pogba

Namun hal ini berbeda di sepak bola. Rambut jadi sebuah pembicaraan penting bagi beberapa orang dalam sebuah perbandingan.

Ada beberapa hal penyebabnya, antara lain, karena mereka tak pakai helm atau topi selama pertandingan. Rambut mereka 'dipajang' dan terlihat selama 90 menit penuh.

Alasan lainnya adalah karena olahraga ini digemari di seluruh dunia. Artinya, wajah, tampilan, sampai gaya rambut sang pemain bola ini akan terlihat oleh penggemarnya di seluruh dunia.

Karena keberagaman, popularitas olahraga ini, pemain sepak bola memiliki posisi menguntungkan dalam banyak hal, maka mereka berpengaruh besar bagi penggemarnya. Jadi tak peduli bagaimanapun anehnya gaya rambut sang pemain bola, fan akan dengan suka rela mengikutinya.

Guna punya rambut nyentrik

Beberapa pemain bola memiliki gaya rambut yang terlihat keren. Namun, beberapa orang lainnya terlihat punya gaya rambut yang nyentrik alias tak biasa.

Ini bukanlah hal yang aneh. Sama seperti manusia yang butuh 'pengakuan,' seorang pemain bola juga harus tampil berbeda.

Karena setiap pemain punya tampilan yang sama dalam seragamnya, maka rambut mereka harus terlihat menonjol.

"Ekspresi diri dan sisi flamboyan mereka bisa turun ketika mereka melakukan pekerjaannya, jadi rambut adalah cara yang bagus untuk mereka mengekspresikan kreativitasnya," kata Simon Doonan, creative ambassador Barneys, seorang penggemar sepak bola, dan penulis buku Soccer Style: The Magic and Madness.

De GeaFoto: REUTERS/Susana Vera
De Gea

"Kenapa tidak? Anda masih muda dan menghasilkan banyak uang, mengapa tak pilih gaya rambut yang gila?"

Hal yang hampir senada juga diungkapkan oleh penata rambut dari Orlando Dennis Mero.

"Jika pemain berpikir dia terlihat keren, maka mereka akan lebih percaya diri di lapangan juga," ucap penata rambut yang juga jadi langganan beberapa atlet seperti Dom Dwyer.

Alasan lainnya mengapa pemain sepak bola ingin tampil prima lewat rambutnya adalah karena banyaknya kesempatan untuk tampil.

Seperti disebutkan di atas, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dicintai dan disukai di seluruh dunia. Dengan ini kesempatan mereka untuk tampil di televisi, media sosial, laman berita juga semakin banyak.

Jangan kecilkan efek layar yang menampilkan para pesepakbola ini tiap bulan.

"Tiap pria sangat peduli dengan garis rambut mereka. Bukan hanya pemain sepak bola. Setiap orang ingin mempertahankan citra mereka karena ini adalah hal yang sangat penting," kata Nikky Okyere, pemotong rambut dari London yang memotong rambut banyak atlet.

"Pemain bola tahu bahwa mereka akan berada di depan kamera, jadi mereka ingin juga terlihat keren."

[Gambas:Video CNN]

(chs/chs)