Belasan Ribu Wisatawan Sambangi Pulau Seribu

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Senin, 18/06/2018 20:09 WIB
Belasan Ribu Wisatawan Sambangi Pulau Seribu Pulau Seribu menjadi tujuan para wisatawan domestik untuk menghabiskan masa libur Lebaran 2018. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 13.021 wisatawan sambangi Pulau Seribu pada Selasa (18/6). Kedatangan belasan ribu wisatawan tersebut untuk menikmati masa liburan Lebaran 2018 yang masih berlangsung hingga kini.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian mengatakan meski belasan ribu wisawatan menyambangi Pulau Seribu tetapi situasi tetap aman. Sebanyak lima pos pengamanan juga telah disediakan di lima pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu.

Kelima pulau berpenduduk itu adalah Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.


"Kejadian laka (kecelakaan) laut nihil, sampai saat ini situasi aman kondusif. Lima pos pengamanan telah didirikan di lima pulau berpenduduk, karena banyak wisatawan kita harus antisipasi," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (18/6).
Dari data yang diterimanya, Victor mengatakan titik keberangkatan untuk ke Pulau Seribu ada di Kali Adem Muara Angke dan Marina Ancol.

"Keberangkatan mereka dari Kali Adem dan Marina Ancol," tuturnya.

Dari data yang diterima Victor, sebanyak sembilan kapal berpenumpang total 1.051 orang menuju Pulau Pramuka. Sebanyak 10 kapal berpenumpang total 1.325 orang menuju Pulau Harapan. Sebanyak 16 kapal berpenumpang 2.333 menuju Pulau Tidung.

Sebanyak 16 kapal dengan total penumpang 2.197 orang menuju Pulau Pari. Dan sebanyak 82 kapal dengan jumlah penumpang 5.713 orang menuju Pulau Untung.
Sementara itu, sebanyak tiga kapal dengan total penumpang 108 orang menuju ke Pulau Sepa. Dua kapal dengan jumlah total penumpang 160 orang menuju ke Pulau Putri. Satu kapal dengan jumlah penumpang 10 orang menuju ke Pulau Bintang.

Sementara itu dua kapal dengan jumlah penumpang 23 orang menuju Pulau Macan. Empat kapal dengan jumlah total penumpang 83 orang menuju Pulau Ayer dan satu kapal dengan total penumpang 18 orang menuju Pulau Air Ponco.

Victor mengatakan pengunjung yang menyambangi Kepulauan Seribu meningkat dari hari sebelumnya yakni Minggu (17/6) yang tercatat sebanyak 11.592. Meski demikian pada sore hari ini sebanyak 7.050 pengunjung pun sudah kembali ke Jakarta. (mik)