Pempek Palembang 1,7 Ton Telur Pecahkan Rekor MURI

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 19/06/2018 17:17 WIB
Pempek Palembang 1,7 Ton Telur Pecahkan Rekor MURI ilustrasi pempek palembang (vetricia wizach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pempek asli Palembang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pempek lengang buatan alumnus SMP Negeri 15 Kota Palembang ini memecahkan rekor MURI dengan menggunakan 1,7 ton telur.

"Kegiatan membuat pempek lenggang terbesar dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi sekaligus promosi salah satu kuliner Palembang ke seluruh dunia," ujar Ketua Alumni SMP Negeri 15 Kota Palembang Muhammad Hartawan dikutip dari Antara.



Dia menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk lebih mengenalkan makanan khas dari kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018 mendatang.

Selain menggunakan 1,7 ton telur, pempek ini juga dibuat dari 170 kg ikan gabus, 10 kg tepung kanji, 14 kg garam, dan 150 karung arang, daun pisang kepok, dan juga beberapa bungkus garam. Hasilnya, pempek lenggang terbesar ini memiliki 15,5 cm.

"Kami pilih pempek lenggang karena bau khas telur yang unik dan dikenal lebih luas, selama ini orang hanya mengenal pempek lenjer dan pempek telur besar atau yang dikenal dengan pempek kapal selam," ujar dia.


Manager MURI Andre Purwandono mengungkapkan bahwa pempek tersebut berhasil memecahkan rekor di Indonesia, dan juga dunia.

"Hal itu menunjukkan perhatian besar masyarakat daerah setempat untuk menjadikan makanan khas sebagai aset tak ternilai dan melindunginya agar tidak dicuri atau diakui oleh bangsa asing," kata Andre. (chs/chs)