Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia Tahun Ajaran 2019

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 21/06/2018 19:47 WIB
Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia Tahun Ajaran 2019 Quacquarelli Symonds (QS) baru saja merilis daftar peringkat universitas di seluruh dunia untuk tahun ajaran 2019, dengan 10 teratas didominasi AS dan Inggris. (Ilustrasi/Foto: Tero/Vesalainen/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan Quacquarelli Symonds (QS) baru saja merilis daftar peringkat universitas di seluruh dunia untuk tahun ajaran 2019. Pemeringkatan itu dilakukan berdasarkan hasil penilaian terhadap hampir 1.000 universitas di 84 negara di dunia.

Hasilnya, universitas terbaik di dunia didominasi dari Amerika Serikat dan Inggris. Empat peringkat teratas bahkan merupakan perguruan tinggi dari Negeri Paman Sam, seperti MIT, Stanford, dan Harvard.

Dari urutan yang disampaikan QS World University Rangkings tersebut, berikut merupakan daftar 10 universitas terbaik di dunia berdasarkan :



1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas terbaik di dunia menjadi milik MIT yang terletak di Cambridge, Massachusetts. MIT mempertahankan gelar itu selama tujuh tahun berturut-turut. Universitas ini banyak memajukan ilmu pengetahuan dibidang sains dan teknologi.

MIT juga mengedepankan penelitian dan industri secara bersamaan. Hasilnya, alumni MIT dapat membuat lebih dari 30 ribu perusahaan aktif dan menciptakan 4,6 juta lapangan kerja dengan pendapatan US$1,9 triliun per tahun. QS memberikan skor keseluruhan 100 atau nilai sempurna untuk MIT.

2. Standford University

Menyusul MIT, terdapat Standford University di posisi kedua. Universitas ini berhasil mengembangkan banyak perusahaan ternama seperti Yahoo, Google dan Helett-Packard.

Standford University merupakan salah satu universitas dengan cakupan riset dan jurusan yang luas. Terdapat 18 institut penelitian dan tujuh fakultas di Stanford University. QS memberikan skor akhir sebesar 98,6 untuk universitas ini.

3. Harvard University

Sebagai salah satu universitas tertua di dunia yang berdiri sejak 1636 ini, Harvard University berhasil mempertahankan pamornya sebagai salah satu universitas terbaik di dunia.

Harvard berhasil mencetak banyak alumni berprestasi termasuk delapan presiden AS dan 62 milyader yang masih hidup. Lulusan Harvard juga memenangkan banyak penghargaan seperti Pulitzer, Nobel, Academy Awards dan 108 medali olimpiade. Harvard meraih nilai 98,5 dari QS.


4. California Institute of Technology (Caltech)

Caltech merupakan institusi penelitian dan pendidikan sains ternama di dunia yang terletak di Pasadena, California. Institusi ini memiliki hasil penelitian yang mumpuni ditunjang fasilitas berkualitas tinggi seperti et Propulsion Laboratory (milik NASA), Caltech Seismological Laboratory, dan International Observatory Network. QS menyematkan nilai 97,2 untuk Caltech.

5. University of Oxford

Peringkat kelima ditempati oleh universitas asal Inggrisyakni University of Oxford. Universitas tertua di Inggris ini memiliki jaringan alumni lebih dari 250 ribu individu, termasuk 120 peraih medali olimpiade, 26 pemenang nobel, dan lebih dari 30 pemimpin dunia seperti Cill Clinton, Aung San Suu Kyi, Indira Ghandi dan 26 Perdana Menteri Inggris.

Para ahli yang ternama dari Oxford diantaranya Tim Berners-Lee, Stephen Hawking dan Richard Dawkins. Universitas ini memperoleh poin sebesar 96,8.

6. University of Cambridge

Universitas yang terletak di kota kuno Cambridge, Inggris ini terkenal karena reputasinya yang unggul di bidang akademik dan nilai-nilai ilmiah. Universitas ini telah mendidik para ahli matematika terkemuka, ilmuwan, politisi, pengacara, filsuf, penulis, aktor, hingga kepala negara.

Posisi University of Cambridge dari tahun ke tahun sebenarnya mengalami penurunan. Ia pernah menempati peringkat dua dunia pada 2015. Kini, universitas ini bertengger di posisi ke enam dengan skor 95,6.


7. ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology

Institusi asal Swiss ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di luar AS dan Inggris yang berada di tempat 10 besar dunia. Ilmuwan Albert Eistein tercatat sebagai alumni dari institut ini. Skor yang diperoleh dari QS yakni sebesar 95,3.

8. Imperial College London

Posisi kedelapan kembali diisi oleh universitas asal Inggris. Perguruan tinggi ini hanya fokus pada bidang sains, teknik, obat-obatan dan bisnis. Salah satu elemen yang paling khas dari pendidikan di Imperial adalah siswa dapat bergabung dengan komunitas peneliti kelas dunia. Imperial College London sukses mengumpulkan skor 93,3.

9. University of Chicago

Terletak di pusat kota Chicago, universitas ini banyak mengembangkan berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, ekonomi, hukum, dan sastra. Universitas ini telah menghasilkan 29 peraih nobel dan beberapa kepala negara salah satunya Barack Obama. Universitas ini meraih nilai 93,2.

10. UCL (University College London)

UCL adalah salah satu universitas dengan multidisiplin terbaik di dunia. Universitas ini memiliki reputasi internasional yang baik untuk kualitas penelitian dan pengajaran. Universitas ini sudah menelurkan 29 peraih nobel sejak 1901. UCL mendapatkan poin sebesar 92,9. (rah/rah)