Antisipasi Jakarta Mengadang Sampah Usai Libur Lebaran

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 22/06/2018 21:08 WIB
Antisipasi Jakarta Mengadang Sampah Usai Libur Lebaran Tumpukan sampah TPU Bantar Gebang, Bekasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan siap mengantisipasi kenaikan volume sampah yang ibu kota usai musim libur Lebaran.

Kepala Dinas LH DKI Isnawa Adji memperkirakan sampah di sudut-sudut kota Jakarta mulai menumpuk pada H+7 hingga H+10 Lebaran setelah berakhirnya masa libur cuti bersama.

"Langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah itu kami persiapkan betul-betul. Petugas gerobak sampah yang sudah kembali dari kampung halaman juga akan kami kerahkan," ujar Isnawa di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara pada Jumat (22/6).


Dia menuturkan para petugas gerobak sampah yang sudah kembali itu akan mengangkut sampah-sampah yang sempat tertinggal di rumah-rumah warga. Sampah tersebut dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Jadi sampah-sampah yang masih ada di rumah-rumah warga akan kami bawa terlebih dahulu ke TPS. Setelah itu dengan menggunakan truk akan diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang," ujar Isnawa.

Selain mengangkut sampah, pihaknya juga berencana menggelar aksi simpati berupa kampanye untuk mengajak seluruh warga Jakarta untuk sadar diri menjaga kebersihan di sejumlah lokasi wisata, salah satunya di Kawasan Kota Tua.

"Melalui kampanye itu, kami mengimbau kepada seluruh pengunjug maupun pedagang yang ada di lokasi-lokasi wisata agar tidak membuang sampah sembarangan. Para petugas juga akan membagi-bagikan kantong sampah di setiap lokasi wisata," kata Isnawa.

(ard)