Perusahaan Baju AS Buat Jaket 'Jawaban' Melania Trump

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 25/06/2018 16:16 WIB
Perusahaan Baju AS Buat Jaket 'Jawaban' Melania Trump jaket Melania Trump (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah perusahaan pakaian Amerika membuat sebuah jaket baru yang menjawab pertanyaan di Jaket Melania Trump.

Beberapa waktu lalu Melania Trump memakai jaket dengan tulisan "I really don't care, do u?" (saya benar-benar tidak peduli, Anda peduli?) saat dia mengunjungi anak-anak imigran yang terpisah dari orang tuanya.

Namun perusahaan busana AS, Wildfang membuat versi jawaban jaket Melania dengan tulisan "I really care, don't u?" (Saya benar-benar peduli, Anda tidak?).



Wildfang membuat jaket dengan slogan besar di punggungnya. Emma Mcllroy, kepala eksekutif Wildfang di Portland, Oregon mengungkapkan bahwa mereka menjual jaket tersebut secara online di hari yang sama dengan hari kunjungan Ibu Negara AS Melania Trump tersebut.

"Saya pikir, mengapa kami tidak membuat jaket yang berlawanan? Mengapa kami tidak membuat jaket yang membawa hal baik untuk dunia?" kata Mcllroy dikutip dari Guardian.

Produksi pertama jaket tersebut hanya dibuat dibuat sebanyak 100 jaket bergaya militer saja. Jaket ini terjual habis dalam satu jam. Sedangkan produksi kedua terjual dengan cepat.

"Saya pikir ini membawa harapan dan juga menyegarkan," katanya.

[Gambas:Instagram]

Jaket 'jawaban' dari jaket Melania Trump ini dijual dengan harga US$98. Semua hasil penjualannya akan disumbangkan ke kelompok advokasi pengungsi dan imigran yang berbasis di Texas, Raices.

"Apa yang terjadi di Amerika pada minggu ini sangat mengerikan," kata pendiri Wildfang dikutip dari The Blast.

"Seluruh tim kami sangat marah dan kami menolak untuk hanya melihat dan menonton. Kami berdiri dengan bangga bersama para imigran dan mendukung hak-hak mereka. Raices melakukan hal luar biasa untuk keluarga-keluarga ini."

Tak dimungkiri jaket Melania Trump memang menimbulkan kehebohan dunia. Paco Underhill, kepala eksekutif Envirosell, perusahaan riset dan konsultan dan penulis buku Why We Buy: The Science of Shopping mengungkapkan bahwa mode membawa dampak terutama di masa-masa politik yang bergejolak ketika publik sangat marah tentang segala hal.

"Apakah itu mode, tato, atau papan reklame, orang mati-matian mencoba menemukan cara untuk bisa membuat pernyataan," katanya.


"Apa cara yang lebih baik untuk bisa menyatakan pendapat Anda daripada menempelkannya di tubuh dan dipakai di jalan. Bahkan lebih baik lagi jika bisa diletakkan di tubuh dan diunggah di media sosial."

Hanya saja sebelumnya, juru bicara Melania Trump mengungkapkan bahwa jaket tersebut tak memiliki pesan tersembunyi. Namun Donald Trump, presiden AS sekaligus suami Melania Trump sempat mencuitkan bahwa tulisan "I really don't care, do u?" di jaket Melania ditujukan untuk berbagai berita palsu. (chs/chs)