FOTO: Merawat Tahanan Lansia di Penjara California

REUTERS, CNN Indonesia | Selasa, 26/06/2018 19:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Meningkatnya jumlah tahanan lansia dengan penurunan daya ingat mendorong penjara California, AS menyediakan pusat perawatan khusus.

California Department of Corrections and Rehabilitation, AS melaporkan adanya peningkatan jumlah tahanan lansia di California. Disebutkan, ada sekitar 18.400 tahanan yang berusia di atas 55 tahun di penjara California. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Menanjaknya populasi tahanan lansia tersebut mendorong pemerintah setempat mengambil langkah pertama untuk menciptakan unit demensia di fasilitas medis penjara utama negara bagian di kota San Joaquin Valley, Stockton. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Hal ini menandai perubahan dari upaya sebelumnya di California untuk mengobati tahanan dengan penurunan kognitif. Andrew Rachal (58) berlatih kebugaran di fasilitas medis di penjara California. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Merujuk pada laporan 2016 California Department of Corrections and Rehabilitation, ada sekitar tujuh persen dari 130.000 tahanan California berusia di atas 60 tahun. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Beberapa di antara tahanan lansia menderita sejumlah penyakit serius dan penurunan daya ingat. Derrick Brooks (65) salah satunya yang mengidap kanker dan dirawat di salah satu fasilitas medis penjara California. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Sementara, ada juga Louis Henson (74) yang mendapat perawatan gigi di California Health Care Facility di Stockton, California. Pengobatan untuk tahanan lansia ditengarai memakan biaya cukup tinggi. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Mengutip laporan terbaru negara bagian Georgia, di mana perawatan medis untuk narapidana di atas usia 65 tahun memakan biaya hingga US$8,500 per tahun, dibandingkan dengan US$950 untuk mereka yang lebih muda. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Tahanan dengan penurunan kognitif membutuhkan perawatan setiap saat terutama dalam hal membantu merapikan diri, menyikat gigi dan pergi ke kamar kecil. (REUTERS/Lucy Nicholson0