FOTO: Pesta Bola dan Bir di Piala Dunia 2018

REUTERS, CNN Indonesia | Rabu, 27/06/2018 06:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Piala Dunia 2018 tak hanya menjadi ajang pesta bola bagi suporter tiap negara yang berlaga, tapi juga pesta bir baik untuk selebrasi ataupun melepas kekecewaan.

Seiring dengan pertandingan Piala Dunia yang makin 'memanas', Moskow Rusia dikabarkan mulai kehabisan bir. Pasalnya, para fans dan suporter bola mencari bir baik untuk perayaan kemenangan ataupun melepas kekecewaan bagi yang kalah. Seorang suporter Belgia mencium gelas birnya di stadion Spartak, Rusia. (REUTERS/Carl Recine)
Seorang pelayan mengatakan restorannya kehabisan bir pada hari Senin (25/6), dan pengiriman memakan waktu lebih lama dari biasanya, setidaknya 24 jam, karena stok pemasok juga mulai menipis. (REUTERS/Gleb Garanich)
Salah seorang pelayan mengatakan:
Penjualan bir di Rusia dikabarkan turun dalam satu dekade terakhir karena beberapa hal, di antaranya aturan ketat akan penjualan dan periklanan alkohol di sana. (REUTERS/Albert Gea)
Sejak 2010, Rusia memiliki pajak dan tarif bir yang sangat tinggi, seiring dengan berbagai aturan lain yang merusak popularitas minuman bir di sana. (REUTERS/Matthew Childs)
Selain itu, ada juga faktor lainnya, seperti pelarangan iklan di media, atau ukuran botol bir yang berkurang, membuat konsumsi bir menurun signifikan selama satu dekade terakhir. Tak heran jika kini, dengan riuh Piala Dunia dimana ada ratusan ribu fans bola membuat bir terasa 'kurang'. (REUTERS/Gleb Garanich)
Seorang bartender di Gogol mengatakan, penggemar sepak bola telah meminum lebih dari 211 galon bir dalam tiga hari, dimulai dengan bir murah sebelum beralih ke pilihan botol yang lebih mahal. (REUTERS/Gleb Garanich)
Hampir di setiap sudut bar dan restoran Moskow kini banyak ditemukan suporter yang mencari bir, baik untuk perayaan atau pelepas kecewa karena tim yang didukungnya kalah. Bagi yang menang, tawa bahagia dan sorak sorai ditemani bir di atas meja seperti di salah satu kafe di Moskow ini. (REUTERS/Tatyana Makeyeva)