'Creator' Kenalkan Robot Canggih Pembuat Burger

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 27/06/2018 01:38 WIB
'Creator' Kenalkan Robot Canggih Pembuat Burger Creator, restoran di San Francisco, AS mengenalkan robot pembuat burger hasil pengembangan sejak delapan tahun lalu yang bisa 'meracik' burger seperti manusia. (Ilustrasi/Foto: Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah restoran di San Fransisco, Amerika Serikat menawarkan pengalaman baru menikmati burger. Tak seperti pembuatan burger biasanya, di restoran bernama Creator ini, burger pesanan dibuat oleh robot canggih yang diprediksi bakal menjadi masa depan dari restoran burger.

Robot yang dikembangkan sejak delapan tahun lalu ini mengerjakan semua pembuatan burger hingga disajikan pada piring untuk pelanggan. Mesin ini melakukan beberapa hal dari mulai menggiling daging, mengiris keju, memotong sayuran, bahkan melumuri saus.

Robot Creator ini melakukan semua proses pembuatan burger itu hanya dalam waktu lima menit saja setelah pesanan pelanggan masuk. Seorang pelayan yang bertugas menerima pesanan itu bakal memasukkan jumlah pesanan melalui sebuah tablet yang terkoneksi langsung dengan robot Creator.



Dalam proses pengerjaannya, pelayan juga dapat memasukkan takaran saus, keju, atau sayuran yang diinginkan oleh pembeli. Robot bakal membuat pesanan sesuai dengan takaran itu.

Robot selanjutnya akan memotor roti burger menjadi dua bagian dan diarahkan ke pemanggangan dengan mesin yang berjalan. Saus-saus dan beberapa bumbu lainnya otomatis bakal disemprotkan ke roti. Sementara acar, tomat, bawang, irisan keju juga akan jatuh ke atas roti burger. Robot ini sekaligus juga menggiling daging sapi yang bebas dari hormon dan bakal jatuh di atas roti burger.

Untuk menikmati burger hasil robot Creator ini, pembeli hanya perlu merogoh kocek sebesar US$6 atau Rp85 ribu. Harga ini tergolong terjangkau untuk sebuah hamburger di negeri Paman Sam itu, yang biasanya dijual di harga US$12 atau Rp 170 ribu.

[Gambas:Instagram]

CEO Alex Vardakostas menjelaskan harga yang murah itu berasal dari beberapa penghematan.

"Ini tipikal burger yang bakal didapatkan dengan harga US$12 atau US$18... Penghematan tenaga kerja dan ruang dapur yang diberikan oleh robot si juru masak. Kami menghabiskan lebih banyak untuk bahan-bahan," kata Vardakostas kepada TechCrunch.

Vardakostas enggan merinci berapa harga yang dibutuhkan untuk membuat robot pintar ini. Dia hanya menyebut robot ini didukung oleh Google GV, Root Ventures dan Khosla Ventures.


Untuk pengenalan awal, burger yang tersedia yakni bentuk klasik Creator vs The World dengan saus Thousand Island, Tumami Burger yang dibuat Chef Tu of Top Chef, The Smoky dengan selai bawang dan Dad Burger dari Chef Nick Balla of Bar Tartine.

Creator yang berlokasi di 680 Folsom Street, San Francisco akan mengenalkan robot yang dapat 'melayani' publik ini sebagai pengenalan mulai 27 Juni 2018. Berikutnya, baru akan terbuka buat publik luas mulai September mendatang. (rah)