8 Aplikasi Bepergian Tanpa Harus Terkoneksi Internet

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 28/06/2018 17:33 WIB
8 Aplikasi Bepergian Tanpa Harus Terkoneksi Internet Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/Andrea Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu hal yang kerap merepotkan saat bepergian ke luar negeri adalah akses internet, masalah ini menjadi halangan bagi siapapun yang bersinggungan dengan era informatika. Tak terkecuali para pelancong.

Namun ada kabar gembira bagi mereka yang kerap bepergian ke luar negeri, karena ada beberapa aplikasi yang tidak membutuhkan koneksi internet untuk tetap bisa beroperasi.

Mengutip tripsavy, berikut adalah delapan aplikasi bepergian yang bisa beroperasi tanpa koneksi internet. Kabar baiknya lagi, semua aplikasi ini tersedia di iOS dan Android.


1. Google Maps

Lewat aplikasi ini siapapun bisa memilih beberapa lokasi untuk disinkronisasikan ke dalam gawai mereka sebelum bepergian, tentunya hal ini memudahkan bagi siapapun yang mengalami kendala dengan koneksi internet.

Meskipun peta luring (offline) ini tidak bisa memberikan opsi seperti bersepeda, berjalan kaki, atau transportasi publik seperti saat mode daring (online) namun tetap bisa mengabarkan posisi kita secara spesifik.

2. Here WeGo

Tidak seperti Google Maps, aplikasi ini bisa memberikan opsi bersepeda, berjalan kaki, atau transportasi publik saat mode luring. Namun yang harus diperhatikan adalah sektor kapasitas memori, karena hal ini memerlukan ruang yang tidak kecil.

3. XE Curency

Bisa jadi ini adalah aplikasi wajib bagi siapapun yang kerap bepergian ke luar negeri, karena hal ini memudahkan untuk mengetahui berapa besarnya nilai mata uang sebuah negara.

Aplikasi ini sangat membantu saat ingin berbelanja atau keperluan yang mendadak. Bahkan hanya perlu hitungan detik untuk mengatur harga nilai mata uang, tentunya ini bisa dilakukan dengan mudah saat bertemu wifi.

4. Triposo

Jika ingin mencari pemandu wisata, ada baiknya untuk memasang aplikasi ini. Karena informasi yang ditampilkan di sini adalah intisari dari beberapa sumber seperti wikipeda, wikitravel, dan beberapa sumber lain.

Sama seperti aplikasi HereWeGo, pastikan menyediakan ruang yang besar untuk mengunduh data-data terkait sebuah destinasi wisata.

5. Google Translate

Permasalahan bahasa adalah 'pemanis' sebuah perjalanan, namun bagi mereka yang kurang suka manis hal itu dapat teratasi oleh aplikasi Google Translate. Aplikasi ini bisa mengunduh lebih dari 50 bahasa dari seluruh dunia.

6. Wifi Map

Aplikasi berbayar ini sangat berguna bagi siapapun yang membutuhkan koneksi internet. Karena lewat aplikasi ini, seluruh lokasi yang memiliki wifi akan terdata. Bahkan kata kunci pun akan menjadi paket yang didapatkan oleh siapapun yang menginstal aplikasi ini.

7. TripAdvisor

Nampaknya ini adalah aplikasi wajib para pelancong, karena di dalamnya terdapat data tentang restoran, akomodasi, hingga ulasan atraksi wisata. Tentunya ini sangat membantu siapapun untuk memecahkan berapa persoalan usang namun krusial seperti, "Mau makan apa kita?"

8. Spotify

Tak lengkap rasanya jika bepergian tanpa mendengarkan lagu favorit, solusi untuk hal ini adalah aplikasi bernama spotify. Lewat aplikasi ini siapapun bisa mendengarkan lagu favoritnya lewat mode luring, namun pastikan sudah berlangganan untuk menikmati fasilitas ini.

(agr)