Pasha 'Ungu' Kecewa Jika Kota Palu Masih Sepi Turis

ANTARA, CNN Indonesia | Kamis, 28/06/2018 18:12 WIB
Pasha 'Ungu' Kecewa Jika Kota Palu Masih Sepi Turis Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu (kanan) melepas topinya usai dilantik sebagai Wakil Walikota Palu, Sulawesi Tengah. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasha, vokalis band 'Ungu' yang kini menjabat sebagai Wakil Walikota Palu, Sulawesi Tengah, menyebut kotanya hanya sebagai tempat persinggahan wisatawan, baik wisawatan yang akan menuju ke tempat wisata di Sulawesi Tengah maupun daerah lain di Indonesia.

"Kita ini hanya tempat lewat. Datang sebentar kemudian naik pesawat lagi, naik mobil lagi terus ke luar dari Kota Palu. Makanya kita (Kota Palu) tidak punya apa-apa di sini," kata pria bernama asli Sigit Purnomo Said itu, seperti yang dikutip dari Antara pada Kamis (28/6).

Di depan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palu dan masyarakat yang hadir, Pasha meminta dukungan dan kerja sama seluruh pihak agar Kota Palu dapat menjadi destinasi wisata sesuai dengan visi Walikota Palu Hidayat yang bersama dirinya menjabat hingga tahun 2021 mendatang.


"Kalau pemerintah tidak bersatu, masyarakat tidak bersatu, mau jadi apa kita? Kami sudah berupaya semaksimal mungkin, tapi masih dibilang tidak melakukan apa-apa," ujar Pasha.

Saat ini, kata Pasha, Pemkot Palu tengah fokus membangun dan mengembangkan sejumlah kawasan yang dijadikan sebagai lokasi wisata, di antaranya di Dusun Uentunbu di Kelurahan Kawatuna dan di Dusun Salena, Kelurahan Buluri.

Di Dusun Uentunbu, katanya, pemerintah kota tengah mengerjakan pembangunan wahana permainan flying fox terpanjang di Asia mencapai lebih dari 2,5 kilometer yang sedng dikerjakan perusahaan asar Perancis.

Wahana tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan keindahan alam yang ada di sana.

Sedangkan di Dusun Salena, Pemkot Palu sedang menyelesaikan pembangunan landasan paralayang.

Ada juga lokasi 'downhill' yang akan dibangun pemerintah bagi para pecinta sepeda gunung.

Pemerintah Provinsi Sulteng telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2016 tentang Destinasi Wisata Prioritas, yakni Kepulauan Togean, wisata budaya patung megalitikum di Kabupaten Poso dan Taman Nasional Lore Lindu di Kabupaten Sigi dan Poso.

Kepulauan Togean yang terletak di Kabupaten Tojo Unauna telah ditetapkan menjadi salah satu kawasan wisata strategis nasional.

(ard)