'Surga' Tersembunyi di Pulau Selayar

Safir Makki, CNN Indonesia | Sabtu, 30/06/2018 09:31 WIB

Benteng, CNN Indonesia -- Ibaratnya, berwisata ke Kepulauan Selayar layaknya berwisata di pulau pribadi karena belum banyak turis yang datang.

Penampakan pulau kecil di tengah laut Kepulauan Selayar yang disebut Makam Karang terlihat seperti paus. Kabupaten Kepulauan Selayar terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kotanya bernama Kota Benteng. Di sini ada beragam wisata bahari yang bisa dijajal turis.
Makam Karang menawarkan pasir karang putih dan air laut yang bening. Untuk sampai ke tempat ini, turis bisa menyewa perahu dari Desa Appatanah yang berjarak 45 kilometer dari Kota Benteng lalu menyeberang menggunakan perahu dengan jarak tempuh 30 menit.
Biaya sewa perahu ke Makam Karang berkisar Rp600 ribu hingga Rp1 juta rupiah untuk digunakan seharian. Piknik bersama rombongan tentu saja bakal lebih murah.
Kabupaten Kepulauan Selayar terdiri dari beberapa pulau kecil dengan Pulau Selayar sebagai wilayah terluas. Pulau-pulau seperti Makam Karang bisa dikunjungi untuk kegiatan 'island hopping'.
Makam Karang merupakan pulau yang terbentuk oleh patahan karang yang mati dan terbawa arus sungai sehingga membentuk pulau kecil di tengah lautan. Bentuk pulau ini akan berubah setiap musim (angin barat dan timur).
Bagi pelancong yang hobi berswafoto, Makam Karang menyediakan beragam spot untuk berswafoto yang sudah pasti eksklusif.
Selain Makam Karang, Pulau Bahuluang juga menjadi destinasi wajib saat datang ke Kepulauan Selayar.
Keindahan Makam Karang dan Pantai Bahuluang baru beberapa tahun ini terekspos masyarakat khususnya penikmat wisata bahari.
Air laut bening yang berwarna hijau toska menjadi pemandangan indah di Pulau Bahuluang, Selayar. Saat musim angin timur, pantai di pulau Bahuluang tidak terdampak, air laut tetap tenang sehingga turis bisa berenang dengan santai.
Ibaratnya, berwisata ke Kepulauan Selayar layaknya berwisata di pulau pribadi karena belum banyak turis yang datang. Meski demikian penduduk sekitar sudah cepat tanggap untuk melayani yang datang dengan fasilitas dan layanan yang sederhana.