121 Ribu Peserta Lulus Seleksi PPDB di Jabar

Antara, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 11:06 WIB
121 Ribu Peserta Lulus Seleksi PPDB di Jabar ilustrasi ujian (robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 121 ribu peserta dinyatakan lolos seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA dan SMK negeri dari jalur non nilai hasil ujian nasional (NHUN) di Jawa Barat.

"Jalur-jalur PPDB yang ada merupakan fasilitas yang bisa diakses pada tahap pertama, setelah ini ada tahapan berikutnya yaitu PPDB jalur NHUN," ujar Kepala Disdik Jabar, Ahmad Hadadi di Bandung, dikutip dari Antara.

PPDB tahap pertama dibagi dalam empat jalur yaitu untuj keluarga ekonomi tak mampu (KETM), jalur penghargaan maslahat guru (PMG) dan anak berkebutuhan khusus (ABK), jalur warga penduduk setempat (WPS) serta jalur prestasi atau jalur non NHUN.



Hasil PPDB ini sudah diumumkan pada Sabtu (30/6) dalam laman daring https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id dan di masing-masing sekolah tujuan.

"Setelah dinyatakan lulus, calon peserta didik yang diterima melakukan daftar ulang pada 2-4 Juli 2018," kata dia.

Sesuai petunjuk teknis PPDB 2018, calon peserta didik yang belum diterima pada jalur non NHUN dapat mendaftar kembali pada sekolah yang sama atau sekolah lain yang diminati melalui jalur NHUN pada tanggal 5, 6, 7, 9, 10 Juli 2018.


"Caranya dengan mendatangi sekolah yang dituju dengan membawa dokumem persyaratan yang telah ditentukan," kata dia.

Jumlah pendaftar jalur non NHUN tercatat sebanyak 187.859 calon peserta didik. Sekitar 112.777 peserta terdaftar pada jenjang SMA dan 75.082 merupakan pendaftar SMK.




(chs)