Bunga Bangkai 'Albino' Ditemukan di Bengkulu

ANTARA, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 13:17 WIB
Bunga Bangkai 'Albino' Ditemukan di Bengkulu Bunga Bangkai atau Rafflesia biasanya berwarna merah atau merah jingga. (AFP PHOTO / DIVA MARHA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu kuntum Bunga Rafflesia (Rafflesia sp) berwarna putih ditemukan mekar di kawasan hutan perbatasan antara Desa Pagar dan Desa Napal Melintang, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

"Kami menyaksikan warnanya lebih pucat, lebih mirip putih dari pada merah muda," kata Raffles Yolanda, seorang warga Desa Bunut Tinggi, seperti yang dilansir dari Antara pada Senin (2/7).

Lokasi bunga, kata Raffles, dapat dijangkau dengan menyusuri anak sungai sejauh 100 meter dari jalan lintas antara Desa Pagar dan Desa Napal Melintang, Kecamatan Ulu Talo.


Kondisi bunga menurutnya masih utuh dan warga putih pucat terlihat dengan jelas.

Diameter bunga diperkirakan mencapai 60 centimeter.

Sementara pakar Rafflesia dari Universitas Bengkulu, Agus Susatya mengatakan bahwa warna tak biasa pada bunga patut dicurigai sebagai jenis baru.

"Belum pernah ada kasus bunga rafflesia berwarna albino atau berubah warna dari warna utama jenisnya," ujar Agus.

Warna umum Rafflesia, menurut dosen Jurusan Kehutanan ini, adalah merah atau merah jingga.

Karena itu, Agus berencana untuk mengamati lebih dekat untuk meneliti bunga yang berwarna tak lazim itu untuk memastikan jenisnya.

Hingga saat ini terdapat lima jenis Bunga Rafflesia yang teridentifikasi di wilayah hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti dan jenis terbaru yang ditemukan awal tahun ini adalah Rafflesia kemumu.

(ard)