5 Cara Wujudkan Mimpi Walau Tak Lulus SBMPTN

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 03/07/2018 12:36 WIB
5 Cara Wujudkan Mimpi Walau Tak Lulus SBMPTN Ilustrasi. (morgueFile/cohdra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mengumumkan hasil seleksi ujian masuk di situs resmi SBMPTN pada Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB.

Hasil SBMPTN juga bisa dilihat di laman CNNIndonesia.com.

Dari 860.001 peserta, dipastikan lebih dari 731 ribu peserta tak lulus SBMPTN tahun ini karena keterbatasan kuota ketersediaan kursi di PTN.


Peserta yang tidak lulus itu tak dapat melanjutkan pendidikan ke PTN melalui jalur SBMPTN.

Namun, tak perlu berkecil hati. Kuliah ternyata bukan satu-satunya cara untuk melanjutkan pendidikan setelah menempuh jenjang sekolah.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengasah ilmu dan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk sukses di masa depan.

Berikut pilihan aktivitas mengasah ilmu jika tak lulus masuk perguruan tinggi.

1. Kursus Keterampilan

Selain berkuliah, mengambil kursus keterampilan juga dapat menjadi kunci kesuksesan. Beragam jenis keterampilan mulai dari memasak, desain, menjahit, hingga olahraga dapat digeluti untuk menambah wawasan.

Pilihlah kursus yang sesuai dengan minat dan bakat, lalu tekuni dengan sungguh-sungguh hingga ahli. Lulus dari kursus tersebut dapat membuka banyak peluang seperti membuka usaha sendiri.

Banyak kursus yang memberi sertifikat sebagai bentuk pengakuan sah. Sertifikat ini juga sangat berguna untuk menambah nilai surat lamaran pekerjaan.

2. Kursus Komputer

Zaman modern semakin bergantung dengan kecanggihan teknologi. Orang yang memiliki keahlian di bidang komputer bakal semakin dicari untuk dipekerjakan.

Ada beberapa pilihan kursus komputer yang populer dalam dunia kerja, seperti web developer, SEO, flash animasi, dan sebagainya.

3. Kursus Bahasa

Berbahasa asing juga menjadi salah satu keahlian yang banyak dicari di era globalisasi.

Bahasa asing seperti Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Mandarin, dan Jepang merupakan beberapa bahasa yang menjadi salah satu syarat untuk bekerja di perusahaan multinasional.

Selain menambah wawasan sendiri, keahlian bahasa asing juga dapat dimanfaatkan dengan menjadi penerjemah, guru les, dan sebagainya.

4. Bekerja paruh waktu

Selain mengambil kursus, bekerja paruh waktu juga dapat menjadi pilihan untuk menambah pengalaman hidup.

Beberapa pekerjaan tetap dan paruh waktu banyak tersedia untuk lulusan SMA/sederajat, seperti di kedai kopi atau butik independen.

5. Membuka usaha

Pilihan lain yang dapat digeluti adalah membuka usaha. Beragam jenis usaha banyak tersedia seiring dengan berkembangnya bisnis online.

Kunci sukses dalam membuka usaha ini adalah kegigihan, kreativitas dan semangat pantang menyerah.

(ard)