Kuota SBMPTN Berbasis Android Akan Ditambah Tahun Depan

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 03/07/2018 14:43 WIB
Kuota SBMPTN Berbasis Android Akan Ditambah Tahun Depan Ilustrasi. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini membuka pelaksanaan ujian berbasis android. Panitia SBMPTN mengungkapkan bahwa tahun depan kuota peserta ujian berbasis android akan ditambah.

Tak hanya itu, Ravik Karsidi, ketua panitia SBMPTN 2018 berkata penambahan kuota juga akan dilakukan pada kuota peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Hal ini dilakukan sebab tahun ini ada peningkatan jumlah peserta. Tahun lalu jumlah peserta sebanyak 22ribu siswa, sedangkan tahun ini menjadi 25ribu siswa.
"Kami juga akan menambah kuota peserta UTBK pada tahun depan, tujuannya dalam rangka mengurangi ujian tulis berbasis cetak (UTBC)," katanya dikutip dari Antara (2/7).


Sementara itu tahun ini ujian SBMPTN berbasis android pertama kali dilakukan. Total peserta sebanyak 1.000 siswa. Ujian berbasis android pun baru bisa dilaksanakan di Universitas Padjajaran Bandung.

"Untuk pelaksanaannya berjalan dengan lancar," katanya.
Di sisi lain, total jumlah peserta SBMPTN tahun ini sebanyak 860.001 siswa. Angka ini naik sekitar 8 persen dari tahun sebelumnya yakni 797.738 siswa.

Ravik menambahkan dari total jumlah peserta, akan ada lebih dari 160ribu siswa yang lolos. Pengumuman hasil SBMPTN 2018 akan dirilis hari ini, Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB.

Peserta dapat mengecek hasil SBMPTN dari laman CNNIndonesia.com atau laman resmi SBMPTN serta laman mirror 12 perguruan tinggi negeri. (stu)