7 Trik Tidur Nyenyak Meski Suhu Panas dan 'Kegerahan'

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 25/07/2018 23:00 WIB
7 Trik Tidur Nyenyak Meski Suhu Panas dan 'Kegerahan' ilustrasi tidur nyenyak (Pixabay/Ashleyamos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelombang panas alias heatwave sedang melanda Jepang. Namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan Indonesia tak akan terkena imbasnya.

Kepala Biro Humas dan Organisasi BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan gelombang panas atau gelombang dingin biasa melanda wilayah yang mendekati subtropis.

"Meskipun saat ini masih musim kemarau, tapi Indonesia aman dari suhu panas ekstrem," kata Tirto melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (24/7).


Walau tak terkena imbas gelombang panas, musim kemarau jadi alasan mengapa suhu udara akhir-akhir ini terasa panas. Beragam aktivitas sedikit terganggu termasuk tidur.

Suhu ideal untuk tidur antara 16-21 derajat Celcius. Jika kurang memungkinkan untuk mengatur suhu ruangan, ada beragam cara yang bisa dikerahkan demi tidur nyanyak, apa saja?

1. Pelembap
Sebagian orang kerap menggunakan krim malam atau pelembap sebelum tidur. Ritual ini diharapkan menghasilkan kulit halus saat bangun.
Untuk cuaca panas, pelembap berbahan dasar lidah buaya atau aloe vera lebih disarankan. Triknya, sebelum digunakan sebaiknya taruh pelembap di kulkas atau freezer.


2. Pakaian tidur
Pilih pakaian tidur atau piyama berbahan katun tipis. Selain piyama katun, sprei berbahan katun juga pilihan pas untuk tidur nyenyak bebas panas karena katun memungkinkan kulit bernapas bebas.

3. Kurangi protein
Sleep expert Dave Gibson menyarankan untuk tidak banyak mengonsumsi terlalu banyak protein sebelum tidur. Dikutip dari The Independent, protein dapat membuat tubuh panas akibat metabolisme yang meningkat.

Konsumsi makanan pedas justru disarankan, paling tidak tiga jam sebelum tidur. Makanan pedas membuat tubuh berkeringat sehingga melepas panas dan suhu tubuh turun.


4. Mandi
Orang disarankan untuk mandi agar suhu tubuhnya turun. Tidak disarankan untuk mandi air dingin meski tubuh terasa panas dan air dingin dianggap mampu mengatasinya.

Perubahan suhu mendadak tak baik untuk tubuh. Suhu tubuh justru bakal naik jika berhadapan dengan dinginnya air.

5. Matikan peralatan elektronik
Salah satu alasan suhu ruangan yang tinggi adalah penggunaan peralatan elektronik. Lampu yang menyala secara tidak sadar melepas panas. Oleh karenanya, sebaiknya matikan peralatan elektronik saat tidur.

6. Minum
Minum air merupakan salah satu cara ampuh untuk menurunkan suhu tubuh. Namun tak disarankan untuk minum terlalu banyak jelang tidur. Perbanyak minum saat pagi hingga siang. Jelang tidur, maksimal setengah liter air cukup untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, tak akan membuat orang harus bangun tengah malam karena ingin buang air kecil.

7. Tidur sendirian
Jika biasanya tidur bersama pasangan, maka saat cuaca panas sebaiknya tidur sendiri di kasur berbeda. Saat bangun, Dave menyarankan untuk selalu menutup jendela untuk menjaga rumah tetap sejuk. Hal ini berbeda dengan kebiasaan orang untuk membuka jendela saat bangun tidur. (chs)