Air Bersih Berawal dari Sistem Pemipaan yang Tepat

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 18:01 WIB
Air Bersih Berawal dari Sistem Pemipaan yang Tepat Ilustrasi. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Air bersih merupakan kunci hidup sehat. Namun, ketersediaan air bersih di Indonesia dinilai belum memadai. Padahal air bersih itu dapat tersedia melalui sistem pemipaan (plumbing) yang baik dan benar.

"Ketersediaan air bersih ini sangat krusial. Di daerah-daerah di Indonesia ini sangat sulit dicapai. Bahkan di kota besar banyak rumah dan gedung tidak memiliki air bersih karena plumbing yang eror," kata Senior Vice President IAPMO Group Indonesia Shirley Dewi, saat temu media memperingati World Plumbing Day, Jakarta, Rabu (4/7).

IAPMO merupakan perusahaan yang fasilitator pengujian produk plumbing di Indonesia.


Shirley menjelaskan sistem plumbing yang baik mesti memenuhi beberapa ketentuan mulai dari sistem yang terstandarisasi, peralatan yang bekualitas hingga pemasangan yang benar.

Sejauh ini, Shirley menilai masyarakat dan pengusaha tak mengerti dengan sistem plumbing sehingga cenderung tak peduli pada air yang berkualitas.

Padahal sistem plumbing yang buruk dapat terlihat dari kualitas kran, air yang keluar dan kebersihan saluran air.

"Sering kali masyarakat tidak mengerti. Pengetahuannya sangat minim dan kepeduliannya juga kurang," ucap Shirley.

Sistem plumbing yang buruk dapat menyebabkan berbagai penyakit yang muncul melalui kandungan logam di dalam air dan penyebaran patogen yang berbahaya.

Shirley mencontohkan kasus yang muncul akibat sistem plumbing mulai dari diare hingga yang terburuk seperti wabah SAR di Hong Kong yang menyerang sebuah apartemen.

SAR itu menyebar melalui pembuangan kotoran di dalam saluran air yang tidak baik akibat sistem plumbing yang salah.

Agar dapat menerapkan sistem plumbing yang baik, Shirley menyarankan untuk melakukan desain yang tepat, peralatan yang berstandar SNI, dan pemasangan oleh orang yang benar-benar ahli.

Sistem plumbing yang baik dan sesuai standar dapat memberikan beragam keuntungan seperti peningkatan keselamatan dan kesehatan, peningkatan ekonomi, penurunan biaya perbaikan gedung atau tempat tinggal, peningkatan kondisi lingkungan, efisiensi energi dan air, dan meminimalisir limbah.

(ard)