Makan dengan Cara Aneh Ternyata Beri Kenikmatan Lebih

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 15:41 WIB
Banyak yang berpendapat Ilustrasi. (prudkov/thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena mukbang atau siaran makan yang berasal dari Korea Selatan menjadi tren kuliner beberapa waktu terakhir ini. Tren ini membuat sejumlah nama seperti Dj Katty Butterfly viral di dunia maya karena gaya makan yang lahap.

Cara makan para artis mukbang ini terlihat sering kali berlebihan ketika menikmati sebuah makanan. Dj Katty misalnya menikmati makanan saat dalam keadaan panas, menggigit langsung paprika, sayur pare, dan daun bawang tanpa dipotong, serta mengeluarkan suara saat mengunyah.

Walau berlebihan, Dj Katty dan banyak artis mukbang lainnya membuat penonton merasa kalau makanan yang sedang disantap rasanya nikmat.


Fenomena ini ternyata dapat dijelaskan lewat penelitian terbaru dari University of Chicago dan Ohio State University, Amerika Serikat.

Studi itu menemukan fakta bahwa makan dengan cara yang aneh dan tak biasa ternyata dapat memberikan kenikmatan lebih, meski sebenarnya rasa makanan itu biasa saja dan sudah sering dinikmati.

Dalam studi itu para peneliti melakukan empat pengujian terhadap sejumlah partisipan dan meminta mereka mengonsumsi makanan yang biasa saja seperti air dan popcorn dengan cara yang berbeda.

Saat memakan popcorn beberapa peserta makan menggunakan tangan dan lainnya menggunakan sumpit.

Hasilnya peneliti menemukan bahwa orang yang makan dengan sumpit lebih menikmati popcorn itu dibandingkan dengan mereka yang makan dengan tangan.

Orang yang makan popcorn dengan sumpit juga mengaku lebih fokus dan intens saat menikmati santapan itu.

"Ketika Anda makan popcorn dengan sumpit, Anda lebih fokus dan masuk dalam pengalaman itu. Rasanya seperti makan popcorn untuk pertama kali," kata salah satu peneliti, asisten profesor Rob Smith dikutip dari laman Ohio State University.

Dalam eksperimen berikutnya, peneliti melakukan pengujian secara online. Mereka meminta partisipan meminum air dengan cara baru dan tak biasa; dari gelas martini, menggunakan amplop, sampai dengan cara menghisap seperti kucing.

Hasilnya mereka yang meminum dengan cara unik dan aneh itu ternyata lebih menikmati air tersebut dibandingkan orang yang meminum air dengan cara biasa.

Peneliti lalu menyimpulkan orang yang makan dengan cara berbeda bakal menikmati makanan tersebut dibandingkan dengan cara yang biasa. Namun ketika dicoba untuk kedua kali, hasilnya bakal berbeda.

[Gambas:Youtube]

(ard)