Laptop, Gaun, dan 5 Hal Unik yang Bisa Dibuat dari Cokelat

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 12:33 WIB
Laptop, Gaun, dan 5 Hal Unik yang Bisa Dibuat dari Cokelat Spa cokelat (REUTERS/Oswaldo Rivas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cokelat selama ini dikenal sebagai salah satu varian camilan yang digemari di seluruh dunia. Bukan cuma camilan, cokelat bahkan menjadi 'rasa pokok' yang wajib ada untuk makanan manis.

Namun, kegunaan olahan biji kakao itu, kini tak lagi sekadar menjadi makanan dan minuman.

Berbagai penemuan sekaligus kreasi kreatif membuat cokelat digunakan untuk aneka aktivitas . Berikut variasi kegunaan cokelat selain sebagai makanan dan minuman.

1. Spa dan perawatan kulit
Berbagai penelitian membuktikan kandungan di dalam cokelat bermanfaat meningkatkan suasana hati. Cokelat mengandung zat antidepresan dan kafein yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan dan menstimulus otak. 


Cokelat kaya akan vitamin A, B1, C, D dan E, dan zat besi yang mencegah penuaan dini dan melindungi dari sinar radiasi.

Nutrisi ini baik untuk merawat, menenangkan kulit, melembabkan secara alami, dan mencegah dari iritasi serta kerusakan.

Fakta ini membuat cokelat digunakan untuk banyak varian produk kecantikan mulai dari kosmetik hingga perawatan kukit seperti spa. 

Siraman cokelat cair ke tubuh dan wajah akan membuat kulit terlihat lebih awet muda dan bebas kerut. Selain itu, aroma cokelat yang harum juga akan membuat pikiran jadi lebih tenang.

2. Obat
Diberitakan Chocolate Expert, cokelat sudah mulai dimanfaatkan sebagai obat-obatan sejak abad ke-18 di Inggris. Ketika itu cokelat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan sakit perut. 


Sedangkan di Amerika Tengah, cokelat dimanfaatkan untuk meningkatkan kekuatan dan melawan kelelahan.


Kandungan antioksidan dalam cokelat hitam murni dapat menghilangkan stres dan melancarkan perrdaran darah. Cokelat juga terbukti menurunkan kadar kolesterol, mencegah kerusakan kognitif dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Fesyen

Cokelat juga banyak digunakan sebagai produk mode mulai dari baju, perhiasan hingga sepatu. Tangan dingin dari para desainer andal itu berhasil menciptakan aneka kreasi dari cokelat yang nyaman dikenakan.


Peragaan tahunan bahkan banyak digelar untuk busana dan perhiasan yang khusus terbuat dari cokelat seperti Salon du Chocolat di Paris dan Chocolate Show New York Fashion Show.


4. Rumah

Cokelat juga menjadi bahan dasar untuk membuat rumah. Sebuah rumah Pensylvania, Amerika Serikat terbuat dari cokelat. Rumah ini memang tak bisa ditinggali, namun kini menjadi salah satu tujuan wisata yang didatangi banyak pengunjung.

Selama 10 tahun terakhir, Hershey Chocolate World Attraction itu selalu membuat rumah cokelat dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.


Rata-rata dibutuhkan waktu 700 jam untuk membuat sebuah rumah dari cokelat tersebut.

5. Barang-barang unik
Aneka barang-barang unik juga banyak yang terbuat dari cokelat. Seperti  dari perangko di Swiss yang dibuat pada 2001, laptop buatan inisiasi One Laptop per Child (OLPC), nintendo, piringan hitam hingga perkakas rumah tangga.

Barang-barang ini dapat digunakan seperti produk lain pada umumnya. (chs)