Tips Menjepret Foto Pantai yang Ciamik

agr, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 21:05 WIB
Tips Menjepret Foto Pantai yang Ciamik Ilustrasi (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi mereka yang kerap berkunjung ke pantai, mengabadikan gambar dengan mode panorama adalah sebuah pakem yang hampir tidak bisa dibantah. Selain pegunungan, pantai memang lokasi yang sarat akan unsur kemegahan. 

Namun ada beberapa kendala tetap mengintai dalam proses pengambilan gambar, seperti cahaya matahari yang terlalu terang, hingga udara pantai yang menjadi biang keladi rusaknya kamera.

Mengutip tripsavvy, berikut adalah tips untuk membuat foto pantai yang ciamik.


1. Ketepatan waktu adalah segalanya

Ketepatan waktu tidak hanya berguna saat memotret momen seperti saat membidik para peselancar yang meliuk di atas ombak, namun memahami kapan waktu yang tepat untuk menghasilkan gambar yang kolosal.

Secara umum, pantai akan terlihat eksotis saat sinar mentari tidak terlalu kuat.

2. Perhatikan Setingan Kamera

Jika ingin meghasilkan foto pantai seperti yang kerap dijumpai di Instagram, ada baiknya hindari mode otomatis dan mulai berkenalan dengan beberapa istilah seperti bukaan rana, pengaturan kecepatan, dan lainnya.

Banyak belajar dan bereksperimen adalah kuncinya.

3. Mencoba keluar dari pakem

Pantai adalah salah satu medan yang tidak perlu banyak usaha untuk menghasilkan sebuah foto bagus, jika momennya tepat maka foto 'asal' pun tetap akan nampak luar biasa.

Namun hal yang menjadikannya istimewa adalah mencoba untuk keluar dari pakem foto khas pantai: pasir, ombak atau matahri terbenam.

Mencari hal-hal unik adalah salah satu solusi untuk membuat foto pantai menjadi istimewa.

Tips Membuat Foto Pantai yang Ciamik Sampah di pantai adalah hal yang klise, namun selalu ada cara yang membuatnya menjadi istimewa. (REUTERS/Jon Nazca)

4. Bereksperimen dengan filter

Jika memiliki kesempatan untuk menggunakan filter kamera, maka jangan ragu untuk mencobanya. Karena dengan filter-filter itu foto ombak yang menyerupai kapas bisa tercipta.

Setidaknya jangan lupa gunakan UV filter jika sedang berada di pantai.

5. Tetap waspada

Asyik mengeksplorasi dan bereksperimen kerap membuat siapapun lupa diri, terlebih lagi barang bawaan. Tidak jarang orang-orang jahil memanfaatkan kesempatan ini, akhirnya peralatan seharga puluhan juta rupiah itu lenyap akibat keteledoran.

Itu sebabnya tetaplah waspada meskipun pantai memang melenakan, setidaknya titipkan peralatan kepada orang yang bisa dipercaya atau jangan letakan barang-barang mahal itu jauh dari jangkauan.

(ard)