10 Jenis Buah dan Sayur Penangkal Dehidrasi

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 09:29 WIB
10 Jenis Buah dan Sayur Penangkal Dehidrasi ilustrasi semangka (condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anda pasti sudah tahu bahwa minum banyak air dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi timbul setelah seseorang kehilangan banyak cairan (salah satunya keringat) akibat suhu ekstrem yang melanda. Akibatnya, tubuh tidak menjalankan fungsi normalnya. 

"Cuaca panas dan lembab meningkatkan hilangnya jumlah keringat dan cairan," tulis Klinik Mayo di websitenya dikutip dari Bustle.  



"Ketika panas dan lembap, risiko mengalami dehidrasi meningkat. Itu karena ketika udara lembap, keringat tidak dapat menguap dan mendinginkan Anda secepat biasanya. Ini menyebabkan suhu tubuh naik dan memerlukan banyak cairan." 

Jika Anda tidak bisa memenuhi batas minimum konsumsi air per hari, makanan seperti buah dan sayur yang memiliki kandungan air tinggi bisa menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.

1. Semangka
Selain menyegarkan, menurut situs Fooducate, semangka mengandung 92 persen air. Menambahkan beberapa semangka ke dalam smoothie di pagi hari, serta beberapa iris untuk cemilan saat siang atau sore hari dapat menjauhkan Anda dari kondisi dehidrasi. 

2. Stroberi
Stroberi mengandung 92 persen air. Perpaduan rasa manis dan asamnya bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi akibat cuaca panas. 

3. Blewah
Tampaknya banyak orang yang tidak menyukai buah ini. Namun Anda perlu tahu bahwa blewah mengandung 90 persen air yang baik untuk tubuh. 


4. Timun
Menurut situs Green Blender, ketimun mengandung 96 persen air. Kandungan air yang tinggi tentu berguna bagi tubuh. Anda cukup mengonsumsinya saat malam hari sebelum tidur.

5. Selada
Selada mengandung 96 persen air yang dapat membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi saat musim panas. Dengan menambahkan melon dan mentimun, serta saus favorit dalam semangkuk selada, olahan tersebut bisa dipakai sebagai menu makan siang untuk mengisi kembali cairan dalam tubuh. 

6. Seledri
Seledri adalah makanan terbaik untuk memerangi dehidrasi karena mengandung 95 persen air. Situs Green Blender melaporkan bahwa mengonsumsi tiga tangkai seledri sebagai garam alami yang membantu meningkatkan natrium, kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

7. Grapefruit
Grapefruit adalah menu makanan populer karena kandungan airnya sebanyak 91 persen. Jika grapefruit terlalu asam, Anda bisa menambahkan potongan alpukat dan aduk bersama dalam mangkuk.


8. Jamur Portobello
Jenis jamur kancing ini memiliki lebih dari 90 persen air. Anda bisa menambahkan beberapa jamur Portobello ke dalam salad agar terhindar dari dehidrasi. 

9. Kembang kol
Kembang kol banyak dijumpai dalam pizza, sup, maupun menu makanan lainnya. Sayuran ini mengandung 92 persen air yang baik untuk tubuh saat musim panas melanda. 

10. Apel
Apel mengandung 90 persen air. Buah ini bisa Anda gunakan sebagai kudapan di sore hari.  (chs)