FOTO: Bilik Perlindungan Stalin dari Nazi

REUTERS/David Gray, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 12:36 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bungker yang berada di kota Samara, Rusia, menjadi bilik perlindungan Stalin jika Moskow terlanjur dikuasai Nazi Jerman.

Salah satu objek wisata bersejarah yang ramai dikunjungi di Rusia ialah bungker Josef Stalin, tempat pemimpin Soviet itu bersembunyi dari kejaran pasukan Nazi Jerman saat masa perang.
Bungker itu berada di bawah tanah kota Samara, kota yang menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia Rusia 2018 selain Moskow dan St Petersburg. 
Turis berfoto dengan aksesori bertema Stalin. 
Bungker ini dibangun pada tahun 1942, namun keberadaannya baru terungkap sekitar tahun 1990-an. Setelah ditemukan, bangunan ini dijadikan museum sejarah.
Bungker Stalin berada di kedalaman 37 meter. Untuk menuju ke dalamnya, turis harus menuruni tangga kecil bergantian.
Berdinding tebal dan diisi oleh perabotan rumah, bungker ini bisa membuat Stalin dan anak buahnya bertahan selama lima hari sebelum melarikan diri ke tempat yang lebih aman.
Ruang rapat di dalam bungker. Saat masa Perang Dunia II, kota Samara dipilih sebagai pusat pemerintahan alternatif Soviet jika Nazi Jerman berhasil menguasai Moskow. Kota Samara saat itu diberi nama Kuybyshev.
Kamar mandi di dalam bungker. 
Selama adu senjata dengan Nazi Jerman, Stalin sebenarnya tak pernah menggunakan bungker ini. Tapi bungker ini bisa memuat 115 orang dalam sekali waktu.