5 Destinasi 'Perut Bumi' di Pulau Jawa yang Layak Didatangi

agr, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 21:11 WIB
5 Destinasi 'Perut Bumi' di Pulau Jawa yang Layak Didatangi Ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bicara soal potensi alam, Indonesia adalah topik yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Tak wilayah daratan dan lautan, kawasan perut bumi pun jadi destinasi wisata yang menarik.

Berikut adalah beberapa gua di Indonesia, tepatya pulau Jawa, yang patut dikunjungi. Namun sebelum menjelajahi gua-gua yang ada di Indonesia, jangan lupa perhatikan musim. Karena sangat tidak disarankan untuk memasuki gua saat musim hujan.

1. Gua Pindul, Yogyakarta


Gua ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul dikenal menawarkan sensasi menyusuri aliran sungai dengan ban pelampung, atau istilah tenarnya cave tubing.

Penelusuran Gua Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam, karena gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter, memiliki lebar lima meter, dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter.

Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.

2. Gua Jati Jajar, Kebumen

Nama Jatijajar konon diambil dari dua pohon jati yang berdiri sejajar di mulut gua.

Gua yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani pada tahun 1802.

Kini gua tersebut telah ditata untuk keperluan wisata.

3. Gua Surupan, Gombong

Gombong Selatan terkenal akan kawasan karst, dan gua Surupan adalah salah satunya.

Di Goa Surupan banyak juga ditemui sejumlah hewan seperti kelelawar, srewiti, lawet, udang, pelus bahkan kura-kura endemik.

Goa Surupan memiliki sebuah sungai bawah tanah yang alirannya cukup deras. Sungai yang mengalir berasal dari Bukit Gadung dan meresap seluruhnya ke dalam goa ini, sehingga banjir bandang kerap terjadi saat musim hujan.

4. Gua Gong, Pacitan

Gua Gong menyuguhkan kombinasi stalaktit dan stalagmit. Dengan adanya penerangan buatan nuansa gua terasa makin eksotis.

Gua ini terletak sekitar 12 kilometer dari Goa Tabuhan, yang juga merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Pacitan.

Hal yang menjadi keunikan gua ini adalah jika beberapa stalaktit atau stalagmit-nya dipukul akan terdengar gema seperti gong.

5. Goa Selarong, Yogyakarta

Bagi turis pecinta sejarah, berkunjung ke gua ini layaknya napak tilas ke dalam sebuah bab buku sejarah yang tidak mungkin dilewatkan.

Pasalnya gua yang terletak di Kabupaten Bantul ini adalah markas rahasia Pangeran Diponegoro.

Gua ini secara tidak langsung memiliki peran penting dalam sejarah Perang Jawa, karena dari tempat inilah siasat perang gerilya Pangeran Diponegoro disusun.

(ard)