Pantai Bul-Bul Bakal Disinggahi Kirab Obor Asian Games 2018

ANTARA, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 20:19 WIB
Pantai Bul-Bul Bakal Disinggahi Kirab Obor Asian Games 2018 Petugas memasang lampu hias Asian Games 2018 di Balaikota DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, menjadi salah satu dari 51 kabupaten dan kota di Indonesia yang disinggahi kirab obor Asian Games 2018 yang dipusatkan di Pantai Lumban Bul-Bul.

"Acaranya digelar Rabu (1/8) pagi," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, seperti yang dikutip dari Antara pada Kamis (12/7).

Ia mengatakan obor Asian Games akan tiba di Bandara Internasional Kualanamu Medan pada Selasa (31/7) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Obor tersebut sebelumnya singgah di Aceh.


Sampai di Medan obor akan diinapkan di rumah persinggahan Bung Karno di Parapat. Esoknya baru diarak di Pantai Lumban Bul-Bul.

Dipercayanya Sumut sebagai salah satu provinsi yang akan disinggahi obor Asian Games tentu saja membanggakan.

"Kami langsung membuat komite penyambutan demi menyemarakkan Asian Games di Indonesia," kata Baharuddin.

Dipilihnya Pantai Bul-Bul sebagai pusat acara kirab obor di Sumut merupakan keputusan dari Inasgoc.

Baharuddin mengatakan pantai itu berada di kawasan perairan Danau Toba yang merupakan ikon wisata terbesar di Sumut, sehingga promosi pariwisatanya ikut tersiar.

Disamping olahraga, Asian Games memang menjadi ajang promosi pariwisata, terutama untuk kawasan yang dilalui kirab obor.

Baharuddin menjelaskan bahwa rute kirab obor di Sumut sudah memperhitungkan promosi pariwisatanya, mulai dari kelayakan bandara, panorama Danau Toba dan Pantai Bul-Bul, serta kuliner kopi yang kaya.

(ard)