Tukang Kebun Swedia yang Bikin 'Geger' Warga Jepang

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 19/07/2018 08:30 WIB
Tukang Kebun Swedia yang Bikin 'Geger' Warga Jepang ilustrasi tukang kebun (Istockphoto/Eclipse_images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seseorang bisa melakukan apa saja demi mendapatkan yang disukainya, termasuk 'banting setir' dari profesi lama ke profesi baru yang dianggap lebih sesuai dengan bakatnya. 

Itulah yang terjadi dalam hidup r, seorang model sekaligus binaragawan kelahiran Swedia. Demi impiannya dia meninggalkan Swedia ke Jepang dan menjadi seorang 'tukang kebun.'

Ia bahkan rela melepaskan kewarganegaraan aslinya untuk menjadi warga negara resmi di sana.



Langkah naturalisasi itu dilakukan karena negeri sakura menerapkan kebijakan yang tidak memperbolehkan warganya memiliki kewarganeraan ganda.  

Saat ini Björk dikenal dengan nama Jepang Tatsumasa Murasame. Nama tersebut diberikan oleh gurunya setelah resmi menanggalkan kewarganegaraan Swedia. 

[Gambas:Instagram]

Murasame makin dikenal luas di jagat maya setelah salah satu akun twitter bernama @kuroda_xxx mengunggah wajahnya. Dalam sebuah thread, pemilik akun tersebut mengungkapkan kekagumannya pada tukang kebun berotot itu. 

"Dia ingin hidup sebagai orang Jepang maka dia dinaturialisasi; dia sekarang orang Jepang. Dia sangat tampan. Dia memiliki otot yang luar biasa. Dia memiliki pekerjaan luar biasa - tukang kebun," tulis akun tersebut.

"Dia memiliki nama yang sangat keren 'Tatsumasa Murasame', yang diberikan oleh gurunya," tulis akun itu, seperti dikutip dari Nextshark. 

Murasame telah memiliki beberapa keterampilan berkebun yang dipakai untuk menata taman-taman di Jepang. Dengan alat dan teknik tradisional. Sama seperti orang Jepang lainnya, dia juga mengungkapkan kecintaannya pada seni bonsai.


Ia membuat Kodamatsu, hiasan tahun baru di Jepang, dari ranting daun pinus dan potongan bambu. Hiasan ini biasa dipasang di pintu masuk rumah atau gedung untuk menyambut arwah leluhur yang datang kala pergantian tahun itu. 

[Gambas:Instagram]

Walaupun telah menemukan bakat terpendamnya yakni berkebun, Murasame masih menjalankan aktivitasnya di dunia model. Dia pun ikut bergabung dalam proyek majalah Tokyo Graffiti. Dalam pemotretan tersebut ia mengenakan setelan 'Neo Tokyoite'.

Sementara itu akibat ketenarannya di sosial media, pria berotot itu juga beberapa kali muncul di berbagai acara TV di Jepang. Salah satunya dalam  variety show berjudul 'More Japanese Than a Japanese Person'. (bel/chs)