Gejala Infeksi Ginjal Seperti yang Diderita SBY

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 19/07/2018 17:45 WIB
Gejala Infeksi Ginjal Seperti yang Diderita SBY Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/magicmine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut menderita infeksi ginjal.

"Sakit di ginjal katanya. Infeksi di ginjal. Karena kecapekan barang kali," kata Aburizal usai menjenguk SBY di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Kamis (19/7) seperti dilansir dari Antara.

Tak dimungkiri kalau penyakit ginjal memang menjadi salah satu masalah kesehatan di seluruh dunia. Jumlah penderitanya diperkirakan meningkat setiap tahun. Penyakit ini pun bisa menyerang orang-orang dalam berbagai rentang usia.



Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa ciri infeksi ginjal.

1. Urine berdarah dan bernanah
Infeksi ginjal akan menyebabkan dinding ginjal terluka akibat bakteri atau penyebab lainnya. Luka di dinding ginjal akan bercampur dengan urine dalam ginjal. Inilah yang akan menyebabkan urine Anda berdarah.

Selain darah, luka juga akan menghasilkan nanah. Sama seperti darah, nanah juga akan terbawa dan bercampur dengan urine.

2. Rasa sakit di samping perut dekat area ginjal
Infeksi pada ginjal akan menyebabkan sakit atau nyeri di perut samping. Rasa sakit ini berkelanjutan dan berefek mengganggu aktivitas.

3. Lelah berlebihan
Penyakit yang menyerang ginjal ini juga akan menyebabkan muculnya rasa lelah yang berlebihan.

4. Sering buang air kecil
Penyakit ini juga akan berpotensi menyebabkan Anda jadi lebih sering buang air kecil. Selain itu, warna urin juga akan jadi lebih gelap dan berbau tak sedap. Hal ini disebabkan karena menurunnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun dan kotoran.


5. Demam sampai menggigil
Demam seringkali dianggap penyakit biasa, namun dalam kondisi tertentu demam sampai menggigil juga menjadi pertanda infeksi ginjal.

Mual dan muntah juga sering jadi pertanda adanya infeksi ginjal.

di lebih sering buang air kecil. Selain itu, warna urin juga akan jadi lebih gelap dan berbau tak sedap. Hal ini disebabkan karena menurunnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun dan kotoran.

5. Demam sampai menggigil
Demam seringkali dianggap penyakit biasa, namun dalam kondisi tertentu demam sampai menggigil juga menjadi pertanda infeksi ginjal.

Mual dan muntah juga sering jadi pertanda adanya infeksi ginjal.

(chs)


BACA JUGA