Menpar Jadi Juri Kehormatan Miss Grand Indonesia 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 18:19 WIB
Menpar Jadi Juri Kehormatan Miss Grand Indonesia 2018 Arief Yahya menyebut Miss Grand Indonesia juga bertugas mempromosikan Wonderful Indonesia ke kancah internasional. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perhelatan Miss Grand Indonesia 2018 mencapai puncaknya pada Sabtu malam (21/7). Bertempat di Jakarta Convention Center, putri asal Bengkulu, Nadia Purwoko, didapuk sebagai juara. Gadis dengan tinggi 176 cm itu mengalahkan wakil Sumatera Utara, Vivi Wijaya (Runner-up I) dan DKI Jakarta, Stephanie Cecilia Munthe (Runner-up II).

Nadia Purwoko mendapatkan piala kehormatan yang diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Apresiasi pun disampaikan menteri asal Banyuwangi itu.

"Selamat kepada para pemenang, para pemenang diharapkan menjadi duta wisata bagi daerahnya masing-masing. Serta aktif mempromosikan pariwisata Indonesia di media sosial masing-masing," ujar Arief Yahya.


Arief yang juga menjadi juri kehormatan menambahkan, Kementerian Pariwisata akan terus melebarkan kerja sama dengan berbagai pihak. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional, termasuk dalam memanfaatkan anak bangsa di ajang internasional sebagai endorser.

"Miss Grand International adalah salah satu kontes kecantikan terbesar selain Miss Universe. Impact-nya juga besar. Kemajuan industri Pariwisata Indonesia pun salah satunya dari peran para endorser. Putri kecantikan Miss Grand Indonesia, nantinya harus memiliki misi sama dengan Kementerian Pariwisata, mempromosikan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia," pungkas Menpar Arief Yahya.

Sementara itu, National Director of Miss Grand Indonesia Dikna Farabida mengatakan, para finalis sudah dipersiapkan mental dan wawasannya menghadapi malam Grand Final Miss Grand Indonesia 2018.

"Para finalis sudah dipersiapkan dengan matang menghadapi momen terbesar dalam rangkaian karantina Miss Grand Indonesia 2018 ini. Saya yakin para finalis ini sudah sangat siap wawasan dan mentalnya membuktikan diri menjadi yang terbaik di ajang ini," jelas Dikna.

Dalam sambutannya Dikna Faradiba juga menambahkan bahwa pemenang akan mendapatkan hadiah utama berupa satu unit apartemen dari Loftville dan mahkota istimewa seharga Rp3 Miliar.

Selain itu, malam Grand Final Miss Grand Indonesia ini turut dihadiri pula oleh pemilik lisensi Miss Grand International Nawat Itsaragrisil, Miss Grand International 2016 Ariska Putri Pertiwi, Miss Grand International 2015 Claire Elizabeth Parker, dan Miss Grand International 2017 Maria Jose Lora.

Turut serta menjadi juri adalah Dirut Bank BCA Bapak Jahja Setiaatmadja, Jacky Mussry dari Markplus, Sophia Latjuba, Wulan Guritno, Ferry Salim, Dian Muljadi, Ivan Gunawan dan Dikna Faradiba sebagai ketua Yayasan Dharma Gantari.

Dengan mengangkat tema Beauty in Diversity, terdapat 30 kontestan dari seluruh Indonesia. Mereka mewakili provinsi masing-masing. Setelah proses karantina selama 2 minggu dan penilaian dewan juri ada hari H, tersaring menjadi Top 10, Top 5 dan Top 3.

"Pemenang Miss Grand Indonesia akan mewakili Indonesia di ajang Miss Grand International 2018 yang diadakan di Myanmar bulan Oktober mendatang," pungkas Dikna. (stu)